You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kader PIK-R Hargorejo Ikuti Peringatan Hari AIDS Sedunia di Aula Adikarto

Admin Hargorejo 04 Desember 2023 Dibaca 53 Kali
Kader PIK-R Hargorejo Ikuti Peringatan Hari AIDS Sedunia di Aula Adikarto

Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Kulon Progo mengadakan peringatan hari AIDS sedunia pada Sabtu (02/11/2023). Kegiatan ini bertempat di Aula Adikarto, Gedung Kaca, Pemda Kulon Progo. Selain PIK-R dari beberapa kalurahan, siswa siswi SMA/SMK, dan mahasiswa/mahasiswi dari beberapa universitas di Kulon Progo, turut diundang dalam acara ini Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kulon Progo, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Kulon Progo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Ketua, pengurus harian dan koordinator PKBI Cabang Kulon Progo, Komisi Penanggulangan Aids (KPA) DIY, Sekretaris dan staff KPA Kulon Progo, serta Data Officer HIV Kabupaten Kulon Progo. Pada moment ini, 2 orang kader PIK-R Kalurahan Hargorejo berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Hari AIDS Sedunia pertama kali diperingati pada 1 Desember 1988 dan diperingati setiap tahunnya. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang infeksi HIV sebagai penyakit yang menyerang tubuh manusia dalam waktu yang lama. Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 di Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) melalui penggerakan sumber daya yang melibatkan semua sektor terkait.

Pada peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2023 yang diadakan di Aula Adikarta, para peserta juga diharapkan dapat terlibat aktif untuk mencapai tujuan utama, yakni terwujudnya 3 zero : zero infeksi baru, zero kematian terkait AIDS, serta zero stigma dan diskriminasi menuju Indonesia bebas AIDS pada 2030. Di awal acara, para peserta disuguhkan video pendek tentang perjuangan seorang ODHIV (Orang dengan HIV) untuk dapat diterima oleh keluarga dan masyarakat serta mampu berkiprah dalam masyarakat seperti halnya orang normal tanpa HIV.

Setelahnya, pada sesi FGD yang dipandu oleh Siti Baruni dari KPA DIY, para peserta diminta untuk mengungkapkan ide-ide dan pendapatnya tentang HIV AIDS. Para peserta juga diminta untuk mengidentifikasi dan mempresentasikan hambatan, kegiatan, sasaran, serta target kegiatan yang akan dicapai untuk menuju 3 zero yang dipandu oleh Ragil Prasedewo dari PKBI cabang Kulon Progo.

 

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image