You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Lomba Masak Nasi Goreng, Lurah dan Pamong serta Staf Hargorejo Meriahkan Peringatan Hari Ibu

Admin Hargorejo 22 Desember 2023 Dibaca 126 Kali
Lomba Masak Nasi Goreng, Lurah dan Pamong serta Staf Hargorejo Meriahkan Peringatan Hari Ibu

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada hari ini Jumat tanggal 22 Desember 2023, TP PKK Hargorejo menyelenggarakan lomba memasak nasi goreng yang diperuntukkan bagi Pamong dan Dukuh laki-laki. Acara ini diselenggarakan di Aula Balai Kalurahan Hargorejo.

Hari sebelumnya, pihak pengurus PKK telah mempersiapkan kelengkapan alat dan bahan di meja yang telah ditata. Di antara persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan 6 meja bagi 6 kelompok serta meja saji dan meja pengambilan bahan. Selain itu, masing-masing pengurus memiliki tugas sendiri-sendiri untuk menyiapkan bahan dan peralatan dari rumah. Ada yang bertugas membawa kompor, tabung gas, wajan, peralatan memasak, serta bahan-bahan seperti bumbu, kecap, saus dan lain sebagainya. Sembari menyiapkan bahan dan peralatan, para pengurus mendiskusikan tentang mekanisme lomba.

Hanya saja, untuk bahan yang mudah basi seperti nasi dan daging ayam baru disiapkan tadi pagi, sehingga tadi pagi para pengurus harus datang lebih awal.

Yang turut berpartisipasi dalam lomba ini adalah Lurah Hargorejo, Kamituwa, Jagabaya, Dukuh Selo Barat, Selo Timur, Gunung Rego, Sangkrek, Gunung Kukusan, Tejogan, Pandu, Krengseng, Ngulakan, Kliripan, Anjir, Sindon dan staf. Kesemua peserta merupakan laki-laki sesuai dengan juknis lomba.

Sebelum acara dimulai, Ketua TP PKK Kalurahan Hargorejo, Trisnawati menyampaikan ucapan selamat Hari Ibu bagi para ibu-ibu yang hadir dalam sambutannya. Kemudian dijelaskan pula mekanisme lomba, jadi nanti masing-masing perwakilan kelompok akan mengambil bahan yang disediakan menggunakan baki. Setelah selesai memasak, penyajian ditaruh di piring yang telah disediakan dan dihias menggunakan garnish, lalu disajikan di meja saji”, tutur Trisnawati.

Tiba saatnya para peserta mengambil nomor undian dan menempatkan diri di dalam kelompok sesuai nomor undian. Masing-masing kelompok diminta untuk memilih seorang ketua kelompok untuk dipakaikan apron. Setelah menempatkan diri di meja masing-masing, ketua kelompok diminta untuk mengambil bahan yang akan digunakan untuk memasak sesuai selera masing-masing dan diberi waktu selama 5 menit. Setelah itu, prosesi memasak dimulai.

Sebelum waktu memasak usai, para peserta telah selesai menyajikan hasil masakan di meja saji. Untuk penilaian sendiri dilakukan oleh 3 orang dewan juri yang terdiri dari TP PKK Kapanewon Kokap dan 2 orang petugas dari Puskesmas Kokap 1. Dari hasil penilaian kerjasama tim, kebersihan, rasa, dan penyajian, diambil juara 1 sampai 3 serta harapan 1 sampai 3. “Lain kali apabila ada lomba memasak nasi goreng, garnishnya jangan terlalu banyak agar penampilannya terlihat bersih dan rapi”, tutur salah satu juri. Di penghujung acara, kegiatan diisi dengan penyerahan hadiah dan foto bersama seluruh peserta lomba, penyelenggara dan dewan juri. (Ajru F)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image