You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Posyandu Lansia dan BKL Padukuhan Selo Timur

Admin Hargorejo 18 Desember 2023 Dibaca 114 Kali
Posyandu Lansia dan BKL Padukuhan Selo Timur

Posyandu Lansia adalah salah satu pelayanan bagi masyarakat lanjut usia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan mewujudkan masa tua yang bahagia, sehat, mandiri dan berdaya guna. Sedangkan BKL adalah kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bagi keluarga yang mempunyai orang tua atau lanjut usia. Perbedaan keduanya ada di pokok sararan kegiatan. Jika posyandu lansia menitikberatkan kepada lansia secara langsung, akan tetapi pada kegiatan BKL sasaran yang dituju adalah pihak keluarga yang memiliki lansia. Di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, masing-masing padukuhan telah melaksanakan program ini demi kesejahteraan para lansianya. Bahkan dalam berbagai lomba, beberapa padukuhan telah meraih kejuaraan di tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Pada kegiatan posyandu lansia yang terintegrasi dengan bina keluarga lansia (BKL) Padukuhan Selo Timur yang dilaksanakan pada Rabu (13/12/2023) di Gedung PAUD Selo Timur, acara dimulai dengan kegiatan senam lansia. Kegiatan senam  ini dipimpin oleh instruktur senam, Suharyati. Setelah senam, acara dilanjutkan dengan penimbangan dan tensi untuk mengecek kondisi kesehatan para lansia.  Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Lansia, acara dilanjutkan dengan penyuluhan kepada lansia. Kegiatan yang diadakan setiap sebulan sekali ini senantiasa dipadati oleh para lansia di padukuhan tersebut yang membuktikan semangat para lansia untuk berkegiatan bersama.

 

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Nur Widayanti

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image