You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Semangat Gotong Royong Dasa Wisma Padukuhan Anjir

Admin Hargorejo 11 Desember 2023 Dibaca 60 Kali
Semangat Gotong Royong Dasa Wisma Padukuhan Anjir

Dasa Wisma memiliki makna secara harfiah, yaitu "Sepuluh Rumah", merupakan sekelompok ibu yang berasal dari 10 KK (kepala keluarga) / rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program. Seiring berjalannya waktu, Kelompok Dasa Wisma tidak hanya terpaku pada 10 rumah atau 10 KK saja, melainkan kelompok yang terdiri dari 10 – 20 kepala keluarga (KK) dalam satu RT. Umumnya, setelah terbentuk kelompok tersebut, maka beberapa orang ditunjuk sebagai pengurus.

Tujuan kelompok Dasa Wisma adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK kelurahan. Kegiatan dalam Dasa Wisma diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya, seperti arisan dan simpan pinjam, kerja bakti, penyampaian informasi dan agenda, serta mengelola dana sosial, baik untuk kepedulian lingkungan, warga sekitar, maupun tingkat Padukuhan.

Dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan, kelompok dasa wisma rutin mengadakan pertemuan. Sebagaimana yang dilaksanakan di Padukuhan Anjir, seluruh RT memiliki kelompok dasa wisma yang biasanya mengadakan pertemuan 1 atau 2 kali dalam sebulan.

Selain mengadakan arisan dan simpan pinjam, kelompok dasa wisma juga rutin melaksanakan kerja bakti bersama, baik di lingkungan tuan rumah, maupun di jalan atau wilayah RT. Kerja bakti yang dilaksanakan dapat berupa pembersihan jalan dan saluran air (selokan), pengurukan tanah yang umumnya dilaksanakan di lokasi arisan atau kerja bakti sesuai permohonan bantuan dari tuan rumah, pembersihan rumput liar di gang atau tepi jalan setapak, dan kegiatan lainnya.

Dengan adanya kegiatan yang bervariasi pada setiap pertemuan Dasa Wisma, diharapkan anggota Dasa Wisma dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. (Annisa Istika)

Sumber : Dasa Wisma RT 091 dan 093 Padukuhan Anjir

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image