You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kartar Anjir Adakan Peningkatan Kapasitas Anggota dalam Rangka Penyusunan Rencana Kegiatan 2024

Admin Hargorejo 11 Desember 2023 Dibaca 76 Kali
Kartar Anjir Adakan Peningkatan Kapasitas Anggota dalam Rangka Penyusunan Rencana Kegiatan 2024

Berlokasi di Balai Padukuhan Anjir, Karang Taruna Anjir menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota pada Minggu (10/12/2023). Bersama dengan Mitra Wacana, acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan berdoa dan pembacaan susunan acara oleh pembawa acara.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa agenda rapat yang dilaksanakan,yakni meliputi :
a. Penyampaian Materi PIME Organisasi
b. Penyampaian Hasil Analisis Organisasi
c. Penyampaian Kerangka Kerja Organisasi
d. Diskusi Penyusunan Rencana Kegiatan Tahun 2024

Penyampaian materi PIME (Perencanaan, Implementasi, Monitoring, dan Evaluasi) organisasi disampaikan oleh Ruliyanto dari Mitra Wacana, meliputi pengertian, urgensi, tujuan, dan alur dari proses perencanaan. Selain itu, disampaikan pula hasil analisis organisasi, yaitu rangkuman analisis SWOT yang pernah dilaksanakan oleh seluruh anggota Karang Taruna pada pertemuan sebelumnya, meliputi hasil analisis kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman serta rekomendasi kegiatan.

Dalam sesi tersebut, Ruliyanto dan Muhammad Mansur dari Mitra Wacana membantu Karang Taruna Anjir dalam menyusun kerangka kerja organisasi, yang merupakan penjabaran dan pengambilan intisari dari visi dan misi organisasi Karang Taruna Anjir. Kerangka kerja organisasi terdiri dari goals, tujuan, indikator, verifikasi, asumsi dan risiko, keluaran, serta aktivitas.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi diskusi, di mana seluruh anggota dibagi menjadi beberapa kelompok, yang membahas mengenai aktivitas dan usulan kegiatan berdasarkan kerangka kerja organisasi. Penyusunan aktivitas oleh masing-masing kelompok diberi waktu lebih kurang 15 menit.

Sesi diskusi dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing perwakilan kelompok secara bergiliran. Dalam presentasi ini pula dilakukan tanya jawab dan diskusi pembahasan. Hasil dari presentasi dirangkum untuk dibahas lebih lanjut mengenai rincian kegiatan hingga anggaran yang dibutuhkan pada pertemuan selanjutnya.

Acara selesai pukul 14.05 WIB dengan berdoa. Diharapkan dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, seluruh anggota Karang Taruna Anjir dapat berkontribusi dalam keberlangsungan organisasi, baik dari tahap perencanaan hingga evaluasi. (Annisa Istika)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image