You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Swapustaka Hargorejo Adakan Pelatihan Budidaya Domba

Admin Hargorejo 08 November 2023 Dibaca 98 Kali
Swapustaka Hargorejo Adakan Pelatihan Budidaya Domba

Dengan adanya program TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial), fungsi perpustakaan semakin beragam. Salah satunya adalah turut mensejahterakan masyarakat, khususnya yang ada di Kalurahan Hargorejo.

Pada Rabu (08/11/2023), Perpustakaan Swapustaka Hargorejo mengadakan pelatihan budidaya domba yang bertempat di Aula Kalurahan Hargorejo. Pelatihan ini ditujukan bagi masyarakat Hargorejo yang merupakan peternak domba maupun warga yang berinisiatif menjadi peternak domba. Materi pertama diisi oleh Bapak Wisono dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo. Materi yang disampaikan adalah tentang serba-serbi beternak domba, mulai dari kelahiran, perkawinan, analisa usaha, serta ragam beternak domba. Sedangkan materi kedua diisi oleh Bapak Budi Sasangka yang merupakan praktisi peternak domba. Materi yang disampaikan adalah tentang pembuatan pakan fermentasi. Menurutnya, pakan fermentasi sangat penting baik untuk nutrisi pertumbuhan domba maupun bagi peternak. Hal ini dikarenakan dengan adanya pakan fermentasi, peternak bisa menyediakan pakan untuk jangka panjang, termasuk mengatasi adanya musim kemarau yang berkepanjangan.

Antusiasme warga masyarakat terlihat dari feedback yang diberikan berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan beternak domba. Rencananya, selain materi yang disampaikan oleh kedua pemateri, Perpustakaan juga akan mengadakan studi kaji secara langsung tentang tatacara pembuatan pakan fermentasi di rumah Bapak Budi Sasangka yang berada di Kapanewon Pengasih. 

Dalam sambutannya, Lurah Hargorejo, Bapak Bhekti Murdayanto, S.E. juga menyampaikan dukungan kepada para peternak domba untuk menyampaikan usulan pada acara musyawarah padukuhan agar aspirasi para peternak dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kalurahan. Selain itu, Ketua perpustakaan, Bapak Suharyoto juga menyampaikan bahwa perpustakaan siap menampung usulan-usulan dari masyarakat Hargorejo terkait pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Harapannya, dari para peserta yang hadir dapat membentuk kelompok untuk memudahkan komunikasi dan diskusi tentang beternak domba yang efisien dan menguntungkan.

 

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image