You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Ayo ke Posyandu!

Admin Hargorejo 08 November 2023 Dibaca 68 Kali
Ayo ke Posyandu!

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. (Kementerian Kesehatan)

Banyak kegiatan yang ada di Posyandu, seperti :
1. Pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita
2. Pemberian gizi/pendamping makanan
3. Pemberian vitamin untuk balita dan/atau ibu nifas
4. Edukasi dan pelayanan informasi kesehatan, baik bagi ibu, bayi, dan balita
5. Pemantauan imunisasi dasar lengkap bagi balita
6. Deteksi dini jika terdapat kelainan pada bayi dan balita agar dapat cepat ditangani oleh fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan, umumnya dirujuk ke puskesmas

Posyandu di Kalurahan Hargorejo umumnya diselenggarakan di rumah Dukuh atau Balai Padukuhan. Bersama kader balita, posyandu dilaksanakan setiap bulan pada tanggal yang sama. Skema pelaksanaan posyandu disesuaikan dengan penyelenggaraan dan kehadiran anggota, dapat dilakukan konsultasi secara pribadi saat berkunjung bagi ibu balita yang bekerja, atau dilakukan edukasi bersama bagi ibu balita yang tidak bersamaan dengan agenda lain. Pada jadwal yang disesuaikan dengan janji temu, juga dilaksanakan kunjungan dari puskesmas untuk pemantauan pelaksanaan posyandu di Padukuhan serta pemberian edukasi.

Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan posyandu, orang tua balita sebaiknya membawa putra-putrinya secara rutin untuk datang ke posyandu terdekat. Ayo ke Posyandu setiap bulan!

 

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image