You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kegiatan Berjanjen dalam Memaknai Agama dan Budaya Tradisi

Admin Hargorejo 03 November 2023 Dibaca 62 Kali
Kegiatan Berjanjen dalam Memaknai Agama dan Budaya Tradisi

Kegiatan Barzanji atau biasa disebut dengan Berjanjen merupakan suatu kegiatan membaca kitab Barzanji serta lantunan sholawat yang ditujukan untuk mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam Kitab Maulid Al-Barzanji, berisikan kisah perjalanan Rasullulah SAW, puji-pujian kepada Rasul, serta doa-doa.

Mulanya, kegiatan berjanjen ini dilaksanakan setiap memasuki bulan Rabi'ul Awal (Maulid). Seiring berjalannya waktu, kegiatan berjanjen di beberapa daerah dilaksanakan secara rutin, sebagaimana dilakukan oleh kelompok Berjanjen Masjid Darussalam Anjir yang melaksanakannya setiap 2 Minggu sekali pada Sabtu Malam sehabis Isya'. Tak jarang pula, berjanjenan dilaksanakan untuk acara syukuran, seperti lahiran, pernikahan, dan selamatan.

Berjanjen memiliki nilai-nilai agama Islam yang meliputi 3 aspek, yaitu aspek Ibadah, Akhlak, dan Sosial.
Aspek Ibadah meliputi dzikir dan doa. Pujian yang dipanjatkan kepada Allah dan Rasulullah diharapkan dapat meningkatkan iman, taqwa, serta rasa syukur manusia dalam kehidupan.

Aspek akhlak meliputi hubungan antara manusia dengan Tuhan dan Rasul-Nya, hubungan manusia dengan sesama, serta hubungan manusia dengan alam. Bagaimana manusia menjaga keimanan ketaqwaan, rasa saling menyayangi dan menghormati sesama, serta menjaga dan melestarikan alam.

Aspek sosial berkaitan dengan hubungan di masyarakat serta penerapannya. Bagaimana bermusyawarah, menjaga kekeluargaan, serta pengembangan kapasitas diri, terutama pendalaman agama Islam.

Harapannya, tradisi berjanjenan di wilayah Hargorejo maupun luar Hargorejo, dapat terus ada dan dijaga, serta dimaknai lebih mendalam agar mendatangkan manfaat dan kemaslahatan bagi banyak orang dan umat muslim.

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : LAILIYA ROHANA - NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI “BERJANJENAN"

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image