You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Admin Hargorejo 04 Januari 2023 Dibaca 134 Kali
Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini

Minat baca masyarakat memang perlu untuk ditingkatkan dalam mendukung sektor pendidikan di Indonesia. Gemar membaca buku sejak usia anak-anak dapat memberikan input positif bagi tumbuh kembang anak. Anak yang gemar membaca buku akan mampu memperkaya kosa kata, meningkatkan kecepatan membaca, meningkatkan pemahaman mengenai makna, struktur kata, dan jenis kalimat.

Selain itu, membaca juga mampu untuk meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, bagaimana langkah agar anak-anak menjadi gemar membaca? Simak penjelasan berikut.

1. Mengenalkan buku bergambar
Buku yang minim tulisan dan memiliki gambar dapat menjadi daya tarik bagi anak agar terbiasa membaca buku. Bagi anak-anak yang belum dapat membaca, buku cerita bergambar dinilai lebih bermakna dibanding tulisan. Melalui gambar tersebut, anak belajar mengimajinasikan cerita untuk memahaminya. Tak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar mengenal hal-hal yang selama ini belum pernah dilihatnya di dunia nyata.

2. Memberi contoh pada anak
Orang tua dan keluarga berperan penting dalam membiasakan anak membaca buku. Terdapat opsi bagi orang tua untuk membuatkan sesi membaca pada anak setidaknya satu jam dalam satu hari. Membuat anak menjadi gemar membaca memang bukan perkara mudah, namun dengan memberikan contoh bahwa orang tua dan anggota keluarga lainnya juga gemar membaca mampu memberikan motivasi untuk anak menjadi lebih menyukai aktivitas membaca buku. Anak akan merasa nyaman karena merasa ada orang lain yang juga menyukai kegemarannya.

3. Biarkan anak memilih buku yang diinginkan
Mengajak anak ke toko buku atau perpustakaan dan membebaskan ia untuk memilih sendiri buku yang diinginkan dapat meningkatkan kegemaran membaca. Pemilihan buku yang disukai akan membantu untuk lebih suka membaca. Hal tersebut bertujuan agar anak merasa bahwa buku bukan sesuatu yang membosankan dan menakutkan.

Ketiga kiat tersebut dapat menjadi alaternatif, namun sebaiknya tetap dilakukan secara bertahap dan perlahan agar anak tidak merasa terpaksa. Dengan begitu, maka kegemaran anak dengan aktivitas membaca buku akan semakin meningkat. (Annisa Istika/Yuli S)

Referensi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image