You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Ayo Berkunjung ke Perpustakaan!

Admin Hargorejo 20 September 2023 Dibaca 92 Kali
Ayo Berkunjung ke Perpustakaan!

Sesuai amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, maka pemerintah baik pusat hingga daerah menyediakan fasilitas untuk menambah wawasan masyarakat melalui perpustakaan. Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran, dan kemitraan. Perpustakaan berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa serta bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk masyarakat. Hampir di setiap institusi dan lembaga memiliki perpustakaan maupun pojok baca, tak terkecuali Kalurahan Hargorejo.

Pada beberapa waktu lalu, tepatnya 14 September 2023 diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Dalam mencapai tujuan dan peran perpustakaan, tidak hanya menyediakan koleksi buku secara fisik, melainkan juga muncul banyak inovasi yang terwujud pada berbagai fasilitas menarik yang disediakan. Apa saja itu?

1. Koleksi Bacaan Beragam Sesuai Sasaran
Koleksi perpustakaan disesuaikan dengan sasaran yang dituju. Sebagai contoh, perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo tidak hanya menyediakan buku untuk kalangan pelajar, melainkan juga diperuntukkan bagi anak-anak usia dini hingga masyarakat umum.

2. Koleksi Buku Tidak Terbatas pada Buku Fisik
Beberapa perpustakaan menyediakan inovasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti e-book, e-jurnal, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat aplikasi perpustakaan digital yang dapat diakses oleh anggota perpustakaan yang terdaftar. Jumlah akses aplikasi perpustakaan digital dapat disamakan sebagai jumlah kunjungan ke perpustakaan.

3. Ruang Ramah Pengunjung
Ketersediaan Ruang Ramah Pengunjung pada perpustakan sangat mendukung minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Seperti Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo yang menyediakan ruang ramah anak dan aula untuk pertemuan.

4. Akses Internet
Istilah "free wifi" dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, baik dari kalangan pelajar mahasiswa maupun masyarakat umum. Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada penggunaan internet. Ketersediaan akses internet yang bebas dapat membantu pengunjung untuk mengerjakan tugas atau melakukan aktivitas pembelajaran menggunakan internet.

Lutfi dan Lia, masyarakat Padukuhan Anjir, memberikan kesan positif akan fasilitas yang disediakan oleh Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo. Meskipun jarak ke perpustakaan sedikit jauh, namun tetap menyenangkan berkunjung ke perpustakaan. "Tempatnya nyaman dan bersih, ada wifi, penjaganya ramah. Ada permainan anak juga, buku-bukunya bagus. Ruang rapi, aman, sejuk karena ada fasilitas AC." Dengan begitu, diharapkan inovasi yang diciptakan perpustakaan dapat meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

 

 

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : tirtabuanamedia.co.id - Fasilitas Penting yang Paling Menarik Pengunjung Perpustakaan Desa

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image