You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Cara Mengontrol Emosi dengan Tepat

Admin Hargorejo 18 September 2023 Dibaca 71 Kali
Cara Mengontrol Emosi dengan Tepat

Tak jarang ketika kita dihadapkan pada situasi yang membuat hati tidak enak menjadikan kita merasa sedih, kesal, bahkan marah. Namun, manusia yang notabene adalah makhluk sosial di mana selalu berinteraksi dan membutuhkan orang lain, kita harus bisa mengontrol diri dan bersikap profesional jika menghadapi situasi sulit yang menerpa kita. Terlebih jika kita adalah seorang public figure yang selalu mendapatkan sorotan dari banyak pihak. Jangan sampai ketika kita marah, emosi menjadi meledak-ledak dan kehilangan kuasa diri sehingga mendorong kita untuk melontarkan kalimat tak pantas hingga merusak barang-barang yang ada di sekitar kita. Hal ini tentunya akan merugikan orang lain dan diri kita sendiri. 

Lalu, bagaimanakah cara yang dapat dilakukan agar kita dapat mengontrol emosi dengan tepat? 

Pertama, tenangkan diri dengan cara duduk dan menarik napas dalam-dalam, tahan selama 3 detik lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan cara pertama ini secara berulang hingga kita merasa kondisi tubuh sudah stabil. Ketika kita sudah stabil, pikiran kita bisa menjadi lebih tenang sehingga dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan bijaksana.

Kedua, pikirkan dampak amarah yang kita keluarkan. Amarah yang berlebihan dapat membuat hubungan dengan saudara, keluarga, pasangan, teman, dan relasi akan menjadi renggang bahkan hancur. Oleh karena itu, pikirkan langkah tepat untuk menghadapi permasalahan.

Ketiga, dekatkan diri dan berdoa kepada Tuhan. Tuhan lebih mengetahui terhadap permasalahan yang kita alami, kepercayaan terhadap Tuhan dapat membuat diri kuat menghadapi suatu masalah, dan berserah diri terhadap hasilnya akan membuat hati senantiasa ikhlas.

 

 

Penulis : Annisa Istika (AS)
Sumber: Kementerian Kesehatan - Tips Sederhana Mengelola Emosi Saat Marah

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image