You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Olahraga Tidak Harus Mahal

Admin Hargorejo 19 September 2022 Dibaca 205 Kali
Olahraga Tidak Harus Mahal

Berolahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Akan tetapi, bagi sebagian orang olahraga merupakan aktivitas yang mahal. Mahal dalam hal waktu, di mana terbentur dengan padatnya kegiatan yang dilakukan serta mahal dari segi alat atau sarana olahraga yang dimiliki.

Sejatinya, olahraga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama atau alat yang mahal. Berikut terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan di sela waktu luang serta tidak membutuhkan alat. Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan secara bersama-sama, baik dengan keluarga maupun teman-teman terdekat.

1. Jalan-jalan
Tidak selalu di luar ruangan (outdoor), olahraga ini dapat dilakukan dengan menyusuri ruangan dalam rumah maupun halaman dan koridor rumah. Dapat juga diselingi dengan berlari-lari kecil sambil mendengarkan musik.

2. Latihan Fisik (workout)
Olahraga satu ini dinilai paling banyak digemari sebagai pengganti olahraga di luar ruangan. Workout secara sederhana dapat dilakukan bahkan di dalam kamar, terlebih dengan memutar musik sebagai pengiring. Gerakan seperti sit up, push up, jumping jack, squat, dan lain sebagainya dapat dilakukan beberapa kali sesuai kemampuan dengan setiap gerakan berdurasi 30 detik atau 1 menit.

3. Senam
Senam dapat menjadi olahraga alternatif yang mudah dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun luar ruangan. Menggunakan iringan musik yang beragam dan menarik juga dapat menambah semangat dan minat berolahraga. Senam juga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam, melainkan banyak pilihan waktu sesuai dengan peruntukannya, misalkan 15 menit untuk membakar lemak atau 10 menit untuk menguatkan otot tubuh.

4. Menari
Bukan hanya dengan ketiga jenis olahraga yang dibahas sebelumnya, menari juga dapat menjadi alternatif berolahraga yang menarik. Selain melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh, menari juga dapat menjaga kesehatan organ jantung. Terdapat berbagai jenis tarian, baik modern maupun tradisional.

Meskipun hanya dilakukan dalam waktu yang singkat serta tidak menggunakan alat apapun, dengan beberapa jenis olahraga yang telah dibahas sebelumnya tetap dapat dilakukan dengan seru dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Kementerian Kesehatan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image