You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Elsimil, Aplikasi Cegah Stunting Bagi Remaja dan  Calon Pengantin

Admin Hargorejo 22 Agustus 2022 Dibaca 1.553 Kali
Elsimil, Aplikasi Cegah Stunting Bagi Remaja dan  Calon Pengantin

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah  dalam pencegahan kasus stunting. Pasalnya kasus stunting sangat berpengaruh terhadap kualitas SDM di masa mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, terutama BKKBN untuk mencegah kasus stunting adalah screening dan pendampingan pada remaja dan  calon  pengantin melalui aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil). Dengan adanya aplikasi Elsimil, pemerintah berharap para remaja dan calon pengantin dapat memahami tentang pentingnya pencegahan stunting bagi anak, mengingat remaja dan calon pengantin adalah calon orang tua bagi keturunan mereka kelak. Selain itu, intervensi pada calon pengantin ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya bayi stunting dengan menurunkan faktor resiko pada calon pengantin.

Aplikasi Elsimil sendiri merupakan aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah oleh calon pengantin melalui Playstore maupun AppStore. Sedangkan Petugas Pendamping yang terdiri dari Kader KB, Kader PKK, dan Bidan/Tenaga Kesehatan dapat mengakses aplikasi berbasis website di https://elsimil.bkkbn.go.id. Pada penerapannya, setiap calon pengantin (catin) akan memperoleh pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di Desa/ Kalurahan tempat domisili catin.TPK akan memandu catin untuk mengisi kuesioner yang ada di aplikasi Elsimil terkait dengan beberapa hal. Pengisian kuesioner ini dilakukan setelah catin melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan. Selanjutnya, aplikasi Elsimil akan melakukan penilaian secara otomatis, apakah calon pengantin memperoleh hasil pengukuran yang ideal (hijau) atau masuk dalam kategori beresiko (merah). Hasil penilaian inilah yang akan menjadi panduan bagi TPK untuk melakukan pendampingan lebih jauh kepada catin seperti pemberian multivitamin dan lainnya tergantung kebutuhan dari catin.

Sejauh ini, aplikasi Elsimil telah dimanfaatkan oleh para kader di Kalurahan Hargorejo untuk melakukan pendampingan terhadap calon pengantin. Harapannya,  dengan melakukan skrining terhadap calon pengantin dapat mengurangi resiko  stunting yang ada di Kalurahan Hargorejo.

 

Penulis : Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image