You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Lomba Memasak Karang Taruna Anjir : Mengapa Kreasi Makanan Bernilai Jual?

Admin Hargorejo 16 Agustus 2022 Dibaca 205 Kali
Lomba Memasak Karang Taruna Anjir : Mengapa Kreasi Makanan Bernilai Jual?

Minggu (14/08/2022) Karang Taruna menyelenggarakan kegiatan Perlombaan Kreasi Makanan Bernilai Jual untuk 4 tim perwakilan setiap poskamling di Padukuhan Anjir. Perlombaan tersebut menjadi momentum memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77. Mengapa Makanan Bernilai Jual?
Karang Taruna Anjir memiliki tujuan dalam menyelenggarakan kegiatan lomba kreasi makanan yang bernilai jual, di antaranya :

1. Memberikan kesempatan untuk mengkreasikan ide
Dalam mengolah produk makanan, peserta diharapkan mampu untuk berkreasi dalam menciptakan ide menu produk yang memiliki potensi nilai jual yang bagus.
2. Peserta mampu membaca segmen pasar
Tidak sekadar mampu mengolah produk makanan yang lezat, peserta juga diharuskan mampu untuk menganalisis kebutuhan pasar sehingga produk yang dihasilkan dapat diminati oleh banyak orang.
3. Memanfaatkan potensi lokal
Potensi lokal yang dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi ciri khas di wilayah tertentu, sehingga produk olahan yang dihasilkan menjadi menarik dan dapat mengangkat potensi yang ada.
4. Analisis Ekonomi
Kemampuan menganalisis kebutuhan secara ekonomis, mulai dari biaya operasional, modal, hingga harga jual bertujuan untuk menghasilkan produk olahan yang lezat dan bermutu tinggi namun tetap dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau.

Dengan beberapa tujuan tersebut, Karang Taruna Anjir berharap kegiatan yang diselenggarakan dapat memotivasi masyarakat Padukuhan Anjir untuk berdaya dalam kewirausahaan, sebagai upaya mengangkat perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan, khususnya di Padukuhan Anjir. Selain itu juga dapat menjadi ajang promosi Padukuhan Anjir dari sisi ekonomi dan produk makanan khas Padukuhan Anjir.

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image