You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Tradisi Suroan di Padukuhan Sangkrek

Admin Hargorejo 01 Agustus 2022 Dibaca 266 Kali
Tradisi Suroan di Padukuhan Sangkrek

Hargorejo. Suroan adalah salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Jawa hingga sekarang. Selain sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas berkah yang telah didapat selama satu tahun, tradisi Suroan  juga diisi dengan ritual doa bersama yang mempunyai maksud agar mendapatkan berkah dan terhindar dari marabahaya. Tradisi ini biasanya dilakukan pada awal bulan suro dalam kalender Jawa atau bertepatan dengan tanggal satu bulan Muharram dalam kalender Islam.

Untuk memperingati bulan Suro tahun  1956 kalender Jawa yang bertepatan dengan bulan Muharram 1444 Hijriyah, warga RT 51 Padukuhan Sangkrek Kalurahan Hargorejo mengadakan acara kenduri. Acara ini diadakan pada hari Minggu (31/07/2022) di rumah ketua RT. Tradisi Suroan yang dilaksanakan pada siang hari ini diisi dengan berdoa bersama agar diberi keselamatan dan keberkahan di tahun-tahun mendatang.

 

Penulis : Ajru F.

Sumber : Koesdiyono

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image