You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Graha Media Hargorejo

Admin Hargorejo 24 Juli 2022 Dibaca 163 Kali

Tim Media Kalurahan Hargorejo dibentuk pada akhir tahun 2021, yang diberi nama Graha Media. Graha diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang memiliki makna “Rumah”. Sedangkan Graha Media itu sendiri yaitu, akronim dari “Gerakan Hargorejo Melek Media”. Kemudian Graha Media Hargorejo ini menjadi wadah/tempat/rumah bagi masyarakat dan para pemuda pemudi dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Sampai saat ini Graha Media memiliki anggota sekitar 15 orang yang berasal dari Padukuhan yang ada di Kalurahan Hargorejo. Di antaranya Padukuhan Pandu, Anjir, Kliripan, Krengseng dan Ngaseman. Secara garis besar para anggota Graha Media tertarik pada organisasi ini karena mereka memiliki motivasi untuk mengembangkan potensi diri serta menambah pengalaman, wawasan, dan juga menambah relasi. Untuk agenda selanjutnya Graha Media akan merekrut anggota baru agar disetiap padukuhan ada perwakilannya.

Graha   Media   itu sendiri  memiliki fungsi  sebagai penghubung antara Pusat Pembelajaran Perempuan    dan Anak (P3A), Masyarakat dan Kalurahan dalam menyebarluaskan informasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. selain itu Graha Media juga memiliki tujuan besar sebagai pusat informasi seputar Human Traficking, dan potensi lokal kalurahan.

Tim Graha Media akan menggali informasi dan potensi lokal kalurahan yang ada di kalurahan Hargorejo sebagai bahan penyediaan informasi publik sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat. Untuk mencapai tujuannya Graha Media berkolaborasi dengan organisasi lain seperti PKK dan Duta Remaja yang  ada di Kalurahan Hargorejo dalam melaksanakan program kerja tim Graha Media.

Dalam waktu kurang lebih 6 bulan terakhir, tim Graha Media telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk mengembangkan potensi diri dalam mewujudkan tujuannya. Kegiatan yang sudah dilakukan yaitu, pertemuan rutin pada minggu kedua di setiap bulannya. Melakukan diskusi WA grup yang membahas tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO). Pada awal tahun 2022 Graha Media juga melakukan Talkshow Radio yang diwakilkan oleh 2 orang anggota yang bertempat di Radio Sonora Yogyakarta yang membahas tentang tujuan dibentuknya media kalurahan, peran tim media dalam PTPPO sampai dengan mengangkat potensi local kalurahan.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pembuatan konten Kampanye pada bulan Maret 2022 Graha Media Hargorejo mengikuti pelatihan menulis yang diselenggarakan oleh salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Wacana. Pelatihan Menulis ini diikuti oleh 3 tim media di Kapanewon Kokap, yaitu Hargorejo, Hargotirto, dan Kalirejo.

Untuk menentukan strategi dalam menyebarkan informasi, Tim Graha Media Hargorejo melakukan survey penggunaan media social di masyarakat menggunakan google form. Survey ini bertujuan untuk mengetahui media social apa saja yang sering digunakan, kapan masyarakat Hargorejo mengakses media social dan informasi apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan media tidak hanya sekedar teori saja tetapi melakukan praktik langsung wawancara dengan salah satu perempuan inspiratif di desa.

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama diharapkan setiap anggota tim media mampu untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.

Penulis : Febri_Graha Media

(AFA)*SN’e

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image