You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Desa Prima Tri Manunggal Hargorejo: Wujud Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dari Lingkup Terkecil

Admin Hargorejo 24 Juli 2022 Dibaca 179 Kali

Kesetaraan gender yang telah lama digaungkan dan diperjuangkan membuka peluang positif bagi perempuan untuk mengambil peran dalam proses pembangunan, tak terkecuali pada sektor ekonomi. Sejalan dengan fokus Engagement Group G20, yaitu Women20 (W20) yang memperjuangkan keterbukaan akses bagi perempuan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam perekonomian. Untuk mencapai akses tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Desa Prima. Mendengar kata tersebut, maka pasti akan tertuju pada sosok seorang perempuan. Desa Prima merupakan kepanjangan dari Desa Perempuan Indonesia Maju dan Mandiri merupakan program pemerintah yang bertujuan sebagai upaya mendorong peran aktif kelompok perempuan dalam pembangunan, kemandirian, dan self empowerment bagi perempuan itu sendiri.

Hargorejo merupakan salah satu kalurahan yang mempunyai program desa dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kalurahan. Desa Prima Tri Manunggal, berdiri sejak tahun 2009 telah secara aktif melibatkan perempuan Kalurahan Hargorejo untuk mandiri dan berdikari di sektor peningkatan produktivitas ekonomi. Kegiatan yang telah dilakukan oleh Desa Prima Tri Manunggal salah satunya adalah fasilitasi pelatihan dan pendampingan usaha.

Berbagai pelatihan dan pendampingan usaha yang dilakukan Desa Prima antara lain peningkatan kapasitas manajemen produk, teknik pengemasan, pengelolaan usaha sampai dengan inovasi produk.  Berbagai pelatihan tersebut membawa dampak positif, di mana dapat membantu sebagian besar dari anggotanya untuk mengembangkan usaha.

Selain fasilitasi pelatihan dan pendampingan usaha, Desa Prima Tri Manunggal juga rutin mengadakan pertemuan setiap satu bulan sekali, dengan berbagai macam agenda pertemuan, seperti arisan, koordinasi antar anggota, penyampaian informasi, pengarahan pendamping, berbagi pengalaman, jual beli produk anggota, hingga diskusi mengenai usaha perempuan dan kendala yang dihadapi anggota.

Peran Desa Prima Tri Manunggal dalam peningkatan produktivitas ekonomi perempuan memberikan beberapa manfaat bagi anggotanya, di antaranya usaha menjadi berkembang, anggota memiliki usaha sejak bergabung di desa prima, serta mampu meningkatkan kemampuan di bidang pemasaran. Saat ini, usaha yang dijalankan oleh anggota Desa Prima Tri Manunggal cukup beragam, mulai dari makanan basah dan kering, kerajinan, minyak kelapa (VCO), gula jawa, budidaya lele, hingga reseller pulsa.

Menurut anggota, Desa Prima Tri Manunggal memiliki peran yang sangat besar bagi perkembangan mereka, mulai dari pembelajaran berorganisasi, bermusyawarah, pendampingan usaha, pinjaman modal usaha dengan bunga yang ringan, penguasaan cara dasar pemasaran konvensional maupun online, fasilitasi pemasaran produk melalui event, penambahan jejaring ilmu, pengalaman dan relasi, sampai dengan saling mendukung produk usaha antar anggota.

Dengan terbangunnya wawasan ekonomi serta motivasi anggota untuk maju dan mandiri, memperkuat hakikat Desa Prima Tri Manunggal Hargorejo sebagai wujud pemberdayaan ekonomi perempuan, bahwa perempuan mampu menempatkan perannya dalam pembangunan mulai dari lingkup yang terkecil.

Penulis : Annisa_Graha Media

(AFA)*SN’e

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image