You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

"Pemuda Adalah Penggerak", Bukti Pentingnya Peran Pemuda Dalam Pembangunan

Admin Hargorejo 21 Juli 2022 Dibaca 1.166 Kali

Bila mendengar kata pemuda, kita selalu terarah pada generasi penerus bangsa. Memang begitu besar peran pemuda, terbukti dalam sejarah bahwa pemuda selalu ada pada momen penting perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno pernah berkata, "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia". Hal tersebut menunjukkan bahwa kekuatan pemuda dapat menjadi sangat berpengaruh bagi sebuah kemajuan, tak terkecuali dalam lingkup desa dan padukuhan sebagai unit terkecil dari sebuah wilayah.


Pemuda merupakan "gudang emas" yang memiliki berbagai kemampuan untuk berinovasi, bergerak lincah, dan mampu lebih cepat dalam mengikuti perkembangan zaman. Sesuai dengan istilah "Pemuda adalah Penggerak", maka pemuda memiliki posisi dan peran yang cukup strategis dalam membangun dan memajukan daerahnya.

1. Pemuda sebagai teladan, sejatinya tidak terpaku pada banyaknya angka usia seseorang, melainkan bagaimana orang tersebut mampu untuk menularkan energi positif kepada orang-orang di sekitarnya. Selain itu, mempraktikan nilai-nilai luhur budaya lokal dan agama, dan membangun solidaritas sosial antar warga juga sangat mungkin dilakukan oleh pemuda.

2. Pemuda aktif dan inovatif dalam membangun dan mengembangkan wadah atau organisasi yang memberikan manfaat bagi warga.

3. Pemuda sebagai pembelajar, di mana memajukan daerah dengan memperbanyak belajar, karya, dan cipta yang bermanfaat bagi warga. 

4. Pemuda juga dapat berperan sebagai agen pembangunan, di mana dapat berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintahan di daerahnya.

5. Pemuda sebagai media sinergi, di mana perlu untuk menjalin kerja sama dan keikutsertaan masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan positif yang dikembangkan oleh pemuda.

Pada proses pembangunan, peran pemuda diharapkan dapat terus hadir dalam sebuah semangat perjuangan. Sebagai tonggak pergerakan dan generasi penerus bangsa, langkah pemuda diyakini akan membawa perubahan yang begitu berarti untuk bangsa dan negara. (Annisa Istika/ Yuli)

referensi : baktinusa.id

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image