You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Adakan Regenerasi Laskar Kuat, Swa Pustaka Targetkan Pembuatan Karya Tulis Bersama

Admin Hargorejo 21 Juni 2022 Dibaca 176 Kali
Adakan Regenerasi Laskar Kuat, Swa Pustaka Targetkan Pembuatan Karya Tulis Bersama

Hargorejo. Menjadi wadah bagi remaja untuk mengembangkan bakat serta memberikan berbagai edukasi tentang kenakalan remaja, Komunitas Laskar Kuat merupakan salah satu unggulan program Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo. Mengingat para remaja binaan perpustakaan yang sekarang sudah mulai beranjak dewasa dan beberapa telah sibuk bekerja, regenerasi anggota sangatlah dibutuhkan. Untuk itu, Perpustakaan Swa Pustaka mengajak para pemustaka cilik yang terdiri dari anak-anak SD hingga SMP untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu siang, 19 Juni 2022. Kegiatan tersebut bertajuk " Srawoeng Swapustaka : Nongkrong Asyik di Perpustakaan". Dalam kegiatan ini hadir sebanyak 20 lebih anak yang merupakan para pengunjung perpustakaan. Kegiatan ini dipandu oleh salah seorang sastrawan sekaligus konten kreator, Ragil Prasedewo yang bertempat tinggal di Kapanewon Pengasih. Di awal kegiatan, pengelola perpustakaan menyampaikan seputar tata tertib berkunjung di perpustakaan seperti harus menjaga kebersihan, ketertiban dan ketenangan perpustakaan.

Memberikan edukasi kepada anak tentunya membutuhkan trik-trik khusus agar anak-anak tidak jenuh dan suka berkegiatan. Untuk mensiasati hal tersebut, Kak Ragil, sapaan akrab Ragil Prasedewo, telah menyiapkan sejumlah permainan untuk me-refresh otak. Permainan tersebut diberikan berselang seling dengan materi. Karena perpustakaan memiliki target untuk menghasilkan sebuah karya tulis, maka materi yang diberikan juga berkaitan dengan cara membuat karya, baik berupa puisi, dongeng, cerita pendek, maupun gambar. Rencananya, kedepannya hasil karya mereka akan dibukukan dan dijadikan koleksi perpustakaan. Pada kesempatan itu, anak-anak nampak antusias dan beberapa telah mendaftarkan untuk membuat puisi, kata mutiara, serta gambar. Tak lupa, Kak Ragil juga mengingatkan pada anak-anak untuk tidak melakukan plagiasi dalam membuat sebuah karya. Apapun hasilnya, sebuah karya yang dihasilkan oleh diri sendiri tetap lebih baik daripada sebuah karya plagiat.

 

Penulis: Ajru F.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image