You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menoreh Sejarah Budaya Dan Adat

Administrator 07 Maret 2022 Dibaca 277 Kali
Menoreh Sejarah Budaya Dan Adat

Untuk menghormati sang Guru Besar, Perguruan Pencak Silat Tangan Kosong Merpati Putih (PPS Betako MP) setiap tahun mengagendakan kegiatan ritual adat di makam keluarga besar Merpati Putih yang terletak di Padukuhan Ngulakan.

Sabtu, (5 Maret 2022) pukul 09.00 WIB diadakan acara prosesi peletakan batu pertama. Diawali dengan kirab gunungan yang membawa batu yang berasal dari Merapi dan dihiasi dengan uborampe adat ,kirab dan iringan pendekar yang membawa uborampe beserta gamelan gong masuk lewat pintu selatan dan dibawa ke area upacara di lingkup makam yang telah ditentukan.

Meskipun dengan tata tertib dan protokol kesehatan yang ketat namun acara ini dapat dilaksanakan dengan penuh khidmat berkat dukungan dari Limnas Kalurahan Hargorejo, Polsek Kokap dan Koramil Kokap.

Sebagai penghormatan selaku pemangku wilayah Hargorejo dan sesepuh Bapak Bekti Murdayanto, S.E juga menyambut langsung dengan salam dan doa .

Acara prosesi upacara adat peletakan batu pertama dalam rangka revitalisasi makam sang Guru Besar Perguruan Pencak Silat Tangan Kosong Merpati Putih (PPS Betako MP) ini selesai pukul 11 .00 WIB berjalan dengan aman, tertib ,dan lancar.

Penulis   : Agus S

Editor     : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image