You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sedekahan Nyewu Tradisi Masyarakat Jawa

Admin Hargorejo 23 Maret 2022 Dibaca 1.022 Kali
Sedekahan Nyewu Tradisi Masyarakat Jawa

Hargorejo (23/03/2022). Keanekaragaman budaya maupun adat istiadat yang berkembang di masyarakat Jawa masih melekat keberadaanya. Salah satunya budaya atau tradisi sedekah. Ungkapan sedekah bisa berkaitan dengan sedekah bumi, sedekah laut, sedekah selamatan atau wilujengan, maupun sedekah yang berkaitan dengan orang yang sudah meninggal dunia yang biasa disebut sedekahan.

Pada Selasa malam (22/03/2022), keluarga bapak Ahmadi warga Padukuhan Penggung RT.076 RW.022 juga menggelar acara sedekahan nyewu. Sedekahan nyewu ini diadakan untuk mengingat salah satu anggota keluarganya yang telah meninggal dunia genap 1000 hari, dengan harapan semoga dengan sedekahan ini arwah keluarga yang telah meninggal dilapangkan kuburnya dan tenang dialam sana.

Mengingat warga Padukuhan Penggung pada siang hari banyak yang bekerja maka acara sedekahan nyewu ini diadakan pada malam hari. Sedekahan nyewu ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Jawa yang telah turun temurun dan patut dilestarikan. Tidak jarang masyarakat sering melakukan tradisi ini karena memang sudah ada dari dahulu kala dan hingga sampai saat ini masih di uri-uri.
 
Penulis: Agus S.
(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image