You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Keterampilan Berinovasi untuk Pendidikan Anak

Administrator 02 Maret 2022 Dibaca 256 Kali
Keterampilan Berinovasi untuk Pendidikan Anak

Hargorejo (02/03/2022). Diadakannya program bimbingan belajar yang diprakarsai oleh Muda-Mudi Padukuhan Anjir bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidikan anak, baik dari segi akademis maupun non akademis. Seperti halnya pada Minggu, 27 Februari 2022 lalu, setelah menjalani libur selama 3 kali pertemuan, program bimbel kembali dilaksanakan dengan mengambil tema : "Mencintai Ilmu, Lingkungan, Sejarah, dan Bahasa, Meningkatkan Keterampilan".

Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu kelompok TK, kelas 1-3 SD serta kelas 4-6 SD. Kelompok pertama, yaitu anak-anak TK diberikan beberapa materi untuk membuat keterampilan membuat rantai dan gantungan dari kertas lipat dengan tujuan melatih ketelitian, kemampuan mencocokkan bentuk, kemampuan merangkai sesuai dengan urutan, serta memahami bagaimana memperhatikan kerapian dan estetika untuk setiap karya.

Kelompok kedua, yaitu anak-anak SD dari kelas 1 sampai kelas 3 diberikan materi kemampuan berbahasa, seperti bercerita dan membaca puisi. Selain itu juga diajarkan menulis, membaca, serta berhitung. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap belajar, menghargai ilmu yang didapat, serta meningkatkan kemampuan berbahasa dengan baik.

Kelompok ketiga, yaitu anak-anak SD kelas 4 sampai 6 diberikan beberapa materi tanya jawab tentang matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sejarah, serta membuat poster bertema Lingkungan dengan konsep yang berbeda. Tujuan materi tanya jawab tersebut adalah untuk melatih komunikasi dua arah kepada peserta didik serta meningkatkan kecepatan berpikir dan menyelesaikan masalah ketika hanya diberikan waktu yang singkat. Sedangkan pembuatan poster bertema lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kecintaan terhadap lingkungan serta kepedulian untuk menjaga lingkungan. Subtema dan konsep yang diusung dalam pembuatan poster berbeda-beda, di antaranya mengenai sampah, kelestarian pohon, dan penanggulangan pencemaran lingkungan.

 

Penulis : Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image