You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Siapkah Kita (Hargorejo) Menjadi DesaWisata 1

Administrator 01 Maret 2022 Dibaca 248 Kali
Siapkah Kita (Hargorejo) Menjadi DesaWisata 1

Mengawali tahun 2022 Pemerintah Hargorejo membentuk Pengurus Desa Wisata. Dengan nama  Desa Wisata “Hargorejo”. Dan sejak saat itu pengurus Desa Wisata mulai bergerak. Kelengkapan administrasi sebagai sarana pengukuhan dan penetapan sebagai Desa Wisata,  dilakukan sebagai langkah awal. Pengurus inipun terus bergerak meskipun dibeberapa sisi kegiatan masih terhalang oleh pandemi. Heri Sudariyanto sebagai Ketua Deswita bercita-cita,  Hargorejo bisa  menciptakan wisata yang berbasis pada seni budaya lokal dengan merangkul UMKM diwilayah tersebut untuk membantu Pemerintah, mewujudkan masyarakat yang  makmur, sejahtera, berseni budaya dan berbudi pekerti luhur.

Banggalah menjadi bagian dari Kalurahan ini. Kalurahan Hargorejo begitu kaya dengan destinasi wisata. Beberapa destinasi wisata alam ada di Kedung Luweng Tejogan, Gunung Kuniran Pandu, Omah Kinjeng Gunung Kukusan, dan Pandu Dewanata di Padukuhan Pandu. Semua Destinasi wisata alam ini masih terus berproses dalam pembangunannya.

Sementara untuk destinasi wisata  edukasi sejarah, Hargorejo memiliki Geo Horitage Tambang Mangaan Kliripan yang sejarahnya telah dikenal hingga ke manca negara. Tidak hanya itu, seni  budaya di kalurahan ini juga sangat beragam. Angguk, jathilan, krupyung, ketoprak bahkan seni pewayangan. Belum lagi seni keagamaan seperti hadroh dan sholawatan. Destinasi Wisata yang ada sudah didukung dengan banyaknya UMKM yang ada di Kalurahan ini. Diantara produknya berbagai olahan makanan dan kerajinan anyaman. Pendataan  dan sosialisasi Desa Wisata menjadi satu hal yang penting dalam mewujudkan cita-cita ini. Tidak lupa juga kerjasama semua pihak untuk bisa membuat paket wisata yang bisa menarik wisatawan.

 

Penulis : Kemiyati



Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image