You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

KKN UAD Mengajari Ibu-Ibu Ngaseman Membuat Konektor Masker

Administrator 22 Februari 2022 Dibaca 258 Kali
KKN UAD Mengajari Ibu-Ibu Ngaseman Membuat Konektor Masker

Pandemi banyak  mengubah kebiasaan masyarakat. Salah satunya adalah protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk menggunakan masker. Namun hal ini sebenarnya juga menjadi  lahan usaha baru bagi orang-orang kreatif dan mampu memanfaatkan peluang.  

Konektor masker adalah alat penghubung/ pengait tali masker. Alat penghubung ini membuat pengguna masker tidak perlu mengaitkan tali masker ke belakang telinganya, melainkan langsung dilingkarkan di kepala. Lazimnya, konektor masker digunakan para perempuan berhijab. Desain dan bahan konektor masker sangat beragam.  Ada yang dibuat dari karet elastis yang dilapisi kain aneka warna dan diberi kancing hias untuk pengait.  Dan ada juga yang dirajut dari benang pilihan. Ada pula yang dironce dari bebatuan alam, kristal, maupun manik-manik serta diberi pengait di masing-masing ujungnya. Beberapa konektor masker juga ada yang dibuat eksklusif dari swarovski dan mutiara.  Hal ini dilakukan agar pemakai lebih fashionable dalam menggunakan konektor. 

Senin (21/2/2022), ibu-ibu di Padukuhan Ngaseman yang tergabung dalam kegiatan PKK, mendapatkan kesempatakan baik untuk belajar membuat konektor masker ini. Kegiatan ini di mentori oleh KKN UAD yang sedang melaksanakan bakti masyarakat di wilayah tersebut. Hampir sekitar 25 orang mengikuti kegiatan ini. Selain bisa dipakai sendiri, latihan pembuatan konektor ini diharapkan bisa juga menjadi lahan usaha bagi perempuan Ngaseman.

 

Penulis: Kemiyati

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image