You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kekayaan Alam Bumi Hargorejo

Administrator 22 Februari 2022 Dibaca 357 Kali
Kekayaan Alam Bumi Hargorejo

Sumber daya alam yang tersimpan di wilayah Hargorejo memang masih banyak. Keanekaragaman budaya maupun hayati merupakan bukti nyata peninggalan Bumi Pertiwi yang patut disyukuri. Dilihat dari struktur geografis memang lengkap, baik dipegunungan maupun dataran rendah hingga persawahan, banyak kekayaan alam maupun hasil bumi yang tersimpan didalamnya.

Di salah satu Padukuhan yang ada di Hargorejo yaitu Padukuhan Kliripan yang terkenal sebagai penghasil batu mangaan, masih tersimpan juga bebatuan yang bisa diambil sebagai bahan bangunan, material berwarna putih berwujud bebatuan.

Seperti yang dilakukan oleh pak Sadikin salah satu penambang batu kapur yang ada di wilayah RT 65 RW 19, yang menambang di tanah pekarangan bapak Paimen tetangganya. Penambangan dilakukan secara manual, untuk hasil penjualan dibagi dua menurut persetujuan yang mereka sepakati. Penggalian yang dilakukan secara manual ini sekitar setengah meter sudah mendapati batu, bongkahan batu yang besar lalu dipecahkan menjadi beberapa bagian, supaya lebih mudah dalam mengambilnya.

Hasil dari menambang batu putih ini dibantrol dengan harga Rp.400.000,- untuk satu rit ukuran 4 kubik batu. Sisa tanah maupun bekas penggaliannya, bisa ditanami singkong dan umbi-umbian lainnya demi meningkatkan perekonomian keluarga.

 

Penulis: Agus S.

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image