You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Waspada Tanah Longsor Saat Hujan Deras

Administrator 21 Februari 2022 Dibaca 209 Kali
Waspada Tanah Longsor Saat Hujan Deras

Hujan memang selalu diharapkan dan ditunggu tunggu oleh para petani maupun pekebun. Akan tetapi bila sehabis kemarau panjang dan berganti  musim penghujan tiba struktur tanah yang lembek terkadang menyebabkan tanah menjadi kendor, diitambah adanya bebatuan maupun lapisan tanah tercampur batu kerokos. Masuknya air hujan ke dalam tanah dan meresap di pori-pori tanah menyebabkan  tanah itu menjadi labil  dan ada lubang air, hal ini yang bisa  menyebabkan erupsi maupun longsor .

Himbauan dikalangan masyarakat sudah sering dilakukan oleh relawan . Terkait kewaspadaan ketika  intensitas curah hujan tinggi dan terus menerus.

Kunjungan dilakukan oleh Bripka Sunarto, S.E selaku Bhabinkantibmas Hargorejo  dan Serma Sugiyantoro selaku Bhabinsa Hargorejo di area longsor Padukuhan Gunung kukusan, tepatnya  di dekat gudang gula semut, Jumat (18/02/2022) bangket penahan tanah di depan gedung ambrol dan reruntuhan material batu memenuhi parit atau selokan kecil. Nampak beberapa warga sedang berusaha membersihan dan menyingkirkan reruntuhan dengan alat seadanya.

Penulis  : Agus S

Editor    : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image