You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Membentuk Karakter Anak Dari Usia Dini

Administrator 17 Februari 2022 Dibaca 274 Kali
Membentuk Karakter Anak Dari Usia Dini

Adat istiadat akan berkembang menurut perkembangan zaman dan era pada masanya. Perkembangan anak dan karakter perlu pendampingan yang lebih karena pendidikan anak dari usia dini akan lebih masuk dan mudah ditangkap oleh anak itu sendiri. Berbagai cara dilakukan untuk membentuk karakter anak dimulai dari usia dini, baik di sekolah, ditempat-tempat ibadah maupun dikalangan keluarga. Tutur kata yang baik, sikap sopan, santun dan menghormati orang tua merupakan langkah awal membentuk karakter kepribadian anak.

Cara mendidik dan mengajar yang dilakukan oleh ibu Marita salah satunya. Menurut beliau, sangat efektif  membentuk karakter anak melalui suatu majelis atau mengaji karena akan lebih mengena. Dengan memberikan ilmu-ilmu agama maupun tata cara beribadah, membaca, dan mengenal aturan-aturan norma agama yang dianut atau paham agama yang di imani, serta patuh pada guru pengajar maupun saling hormat menghormati antar sesama dapat membentuk karakter yang baik.

Karena pendidikan karakter pada anak sangatlah penting maka peran aktif orang tua maupun guru pengajar sangatlah berpengaruh bagi anak, tutur ibu Marfuah dan ibu Marita selaku pengajar Mengaji Agama Islam di TPA Al Bayan.  Pada Rabu (16/02/2022), sebanyak  30 siswa siswi mengaji di Mushola Al Bayan Gunung Rego RT 13 Rw 04, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap. Kegiatan mengaji ini diadakan setiap hari Rabu dan Sabtu pada pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.  Tujuan kedua ibu ini mengajar supaya anak-anak lebih paham apa pentingnya belajar mengaji. Semua yang dilakukan ibu-ibu pengajar ini dilakukan dengan iklas, tidak meraup keuntungan material dari siapapun. Hanya berdoa, berharap, dan berusaha agar anak-anak ini menjadi anak yang patuh kepada orang tua serta kelak menjadi anak yang berguna bagi masyarakat, agama dan negara.

 

Penulis: Agus S.

Sumber: Marita

(Fit)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image