You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Petani Wedus Gembel Sukses

Administrator 16 Februari 2022 Dibaca 935 Kali
Petani Wedus Gembel Sukses

Masa pandemi Covid-19 memang sangat terasa dikalangan masyarakat bawah dari petani, peternak maupun pedagang. “Tetapi akhir-akhir ini sudah mulai berangsur-angsur normal “,ujar Pak Sugeng selaku petani sekaligus peternak kambing.

Usaha ternak kambing yang digelutinya merupakan jenis kambing gembel medan ,yang bibitnya berasal dari medan Sumatera Barat.

Kemarin, (Selasa,15/02/2022) saya (penulis) , Pak Suharyoto dan Pak Purwadi mengunjungi  kandang ternak kambing milik pak Sugeng yang tidak jauh dari pasar cikli Kulur, hal ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana cara merawat kambing .

Pak Sugeng menjelaskan bagaimana cara merawat kambing jenis gembel .Cara perawatan mudah simpel dan efektif. Bermodalkan kandang ukuran lebar 4 meter dan panjang 5 meter ,dengan dipetak-petak atau disekat. Kandang seukuran itu mampu menampung 41 ekor kambing. Setiap hari diberi pakan ternak 3 kali sehari menggunakan konsentrat kambing .Kambing yang dirawat ini jenis kambing gembel pedaging.  Nilai jualnya juga ekonomis. Untuk pemasaran sudah ada yang mengambil dari pihak pengepul setiap 2 bulan sekali.

“Proses penggemukan ini memakan waktu 2 bulan, sejak pertama kambing masuk kandang , dengan perawatan yang baik pasti akan menghasilkan hasil yang bagus dan berkualitas baik “, ujar Pak Sugeng sembari menunjukan salah satu kambing yang layak ditimbang dan siap dijual .

Penulis   : Agus S

Editor      : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image