You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Fasilitasi dan Penyamaan Persepsi sebagai Langkah Awal Bussiness Branding UMKM Padukuhan Anjir

Administrator 15 Februari 2022 Dibaca 246 Kali
Fasilitasi dan Penyamaan Persepsi sebagai Langkah Awal Bussiness Branding UMKM Padukuhan Anjir

Dalam rangka mengembangkan potensi UMKM di Padukuhan Anjir, terbentuklah sebuah kolaborasi antara Ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani ASRI dengan generasi muda rekan-rekan Karang Taruna Anjir yang difasilitasi oleh KKN 075 UMY. Pada Senin,  14 Februari 2022 pukul 16.00 WIB bertempat di posko KKN sekaligus lokasi perkebunan KWT ASRI, Karang Taruna Anjir dan Pengurus KWT ASRI melakukan beberapa kesepakatan dan penyamaan persepsi untuk memulai kerja sama.
Dari perwakilan KWT, disampaikan mengenai beberapa hal, di antaranya:
1. Penjabaran produk camilan KWT berupa nama dan jenis produk
2. Inovasi pengemasan (packaging)
3. Masih terkendala pemasaran
Sedangkan dari Karang Taruna menjabarkan beberapa hal yang akan menjadi rencana untuk fasilitasi pemasaran produk UMKM, yaitu :
1. Mengaktifkan konten media sosial : Instagram dan Facebook
2. Meningkatkan followers media sosial
3. Promosi produk
4. Konsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan UMKM, baik dalam bentuk sosialisasi        maupun pelatihan
5. Pengajuan proposal bisnis
6. Pembuatan marketplace
Dalam acara tersebut dijabarkan pula mengenai proporsi dana modal dan keuntungan secara kasar serta perencanaan anggaran yang akan dibahas lebih rinci pada pertemuan selanjutnya. Selain itu, juga disepakati mengenai agenda pertemuan rutin antara Karang Taruna dan KWT serta teknis foto produk untuk konten media sosial. Koordinasi lebih lanjut akan dilakukan melalui platform WhatsApp Group yang dibuat antara Pengurus KWT dan Karang Taruna.
Selama tiga bulan ke depan, KKN selaku fasilitator juga akan melakukan monitoring secara berkala mengenai keberlanjutan kerja sama tersebut. Diharapkan, kolaborasi dan kerja sama antara Karang Taruna sebagai bagian pemasaran dan KWT ASRI sebagai bagian produksi dapat berlangsung dengan baik dan mampu untuk menghasilkan omzet demi meningkatkan kesejahteraan sosial bagi anggota UMKM khususnya dan masyarakat Padukuhan Anjir pada umumnya.

Griya Cemilan KWT ASRI
Anjir, Hargorejo, Kokap, Kulon Progo
Instagram : @griyacemilan.kwtasri
Facebook : Griya Cemilan Kwt Asri

Penulis   : Annisa

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image