You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

SARENG KULA 13 Februari 2022 : Ajang Melatih Ketangkasan, Kerja Sama, dan Story Telling

Administrator 14 Februari 2022 Dibaca 231 Kali
SARENG KULA 13 Februari 2022 : Ajang Melatih Ketangkasan, Kerja Sama, dan Story Telling

SARENG KULA kembali diadakan pada Minggu, 13 Februari 2022 berlokasi di Pendopo Padukuhan Anjir. Seperti agenda biasanya, acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembukaan dan berdoa. Acara diikuti oleh 16 anak. Terdapat beberapa materi yang disampaikan pada peserta didik, di antaranya:
1. Permainan kelompok
2. Bercerita

Para peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok, yang terdiri dari 5 peserta jenjang TK dan SD. Pada sesi permainan kelompok, disampaikan sebanyak 3 jenis permainan yaitu Estafet Karet, Susun Angka, dan Pesan Berantai. Tujuan dipilihnya 3 jenis permainan tersebut adalah untuk meningkatkan ketangkasan, kecermatan, dan kerja sama antar anggota kelompok. Selain itu juga melatih anak-anak untuk fokus, memperhatikan instruksi serta mentaati peraturan.

Masing-masing permainan memiliki 3 babak, dengan kelompok pemenang setiap permainan diberikan bintang untuk ditempel pada papan bintang. Khusus untuk Pesan Berantai, masing-masing kelompok mewakilkan tiga orang sebagai peserta perlombaan, namun perolehan bintang sebagai kelompok pemenang tetap diberikan kepada seluruh anggota kelompok.

Sesi kedua adalah bercerita tentang cerita nabi. Berbekal buku cerita yang dipegang masing-masing kelompok, diberikan waktu 10 sampai 15 menit untuk membaca dan memahami, lalu masing-masing kelompok secara bergiliran menceritakan kembali mengenai isi cerita yang telah dibaca dan dipahami. Sesi bercerita bertujuan untuk melatih ingatan dan kemampuan story telling pada anak dan meningkatkan keberanian untuk berbicara di depan umum.

Sesi terakhir adalah sesi bebas yang diisi oleh peserta didik dengan kegiatan membaca buku-buku cerita yang dipinjamkan dari Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo. Acara selesai dan ditutup pada pukul 12.00 WIB.

 

Penulis: Annisa Istika

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image