You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Langkah Awal Budidaya Ikan : Penyiapan Benih Unggulan

Admin Hargorejo 27 Desember 2022 Dibaca 163 Kali
Langkah Awal Budidaya Ikan : Penyiapan Benih Unggulan

Pada permulaan praktik budidaya ikan, beberapa cara perlu dilakukan, seperti pemilihan lokasi yang tepat serta persiapan komponen peralatan dan perlengkapan budidaya. Selain itu, pemilihan benih ikan yang unggul juga menjadi faktor keberhasilan dalam budidaya ikan. Bagaimana cara memilih benih ikan yang unggul? Simak ulasan sebagai berikut.
1. Tidak Cacat
Dengan memeriksa kondisi morfologis atau bentuk ikan secara menyeluruh, dapat turut memastikan benih tersebut baik atau tidak. Kecacatan atau terdapat bagian tubuh yang tidak lengkap dapat menandakan ikan pernah terkena suatu penyakit.

2. Keseragaman Ukuran
Ukuran benih yang seragam sangat menentukan perawatan jangka panjang. Benih ikan yang ukurannya tidak seragam dapat mengakibatkan proses pembesaran juga tidak seragam sehingga berpotensi terjadinya kanibalisme.

3. Merespon Cepat
Benih ikan yang unggul mampu dengan cepat merespon stimulan dari lingkungan, seperti saat diberi pakan atau diambil dengan tangan.

4. Warna Cerah
Kecerahan benih ikan juga berpengaruh pada kualitas benih. Benih ikan yang unggul memiliki warna yang cerah. Sebaliknya, warna tubuh benih ikan yang pucat memungkinkan gejala benih ikan terkena suatu penyakit.

5. Berenang Lincah
Benih ikan yang unggul menunjukkan kelincahan saat berenang, bahkan ketika melawan arus. Pergerakan benih ikan yang lambat dapat menandakan benih ikan terkena penyakit.

Dengan beberapa langkah dalam memilih benih ikan unggulan, maka hal tersebut dapat mendukung hasil budidaya ikan yang maksimal, baik secara kuantitas maupun kualitas.

 

Sumber : Kementerian Kelautan dan Perikanan

Penulis : Annisa

Editor : Hendra

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image