You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Book Loan Karang Taruna Anjir Dukung Kegiatan Mendongeng Bersama Anak

Admin Hargorejo 03 November 2022 Dibaca 136 Kali
Book Loan Karang Taruna Anjir Dukung Kegiatan Mendongeng Bersama Anak

Sejak tanggal 3 Februari 2022, Karang Taruna Anjir melakukan perjanjian kerja sama mengenai sistem peminjaman book loan dengan Perpustakaan Swa Pustaka Kalurahan Hargorejo. Hingga sekarang, sistem book loan masih berjalan dengan mekanisme peminjaman yang bervariasi. Beberapa pilihan yang masih berjalan salah satunya adalah bagi orang tua, khususnya warga Padukuhan Anjir yang ingin membacakan dongeng pada putra-putrinya, dapat memperoleh referensi bacaan dongeng dari peminjaman buku book loan yang diselenggarakan Karang Taruna Anjir. Informasi mengenai book loan yang ingin diminta oleh warga Padukuhan Anjir dapat diajukan kepada anggota Karang Taruna Anjir, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Sebenarnya, apa manfaat mendongeng bersama anak? Mari simak penjelasan berikut.

Mendongeng bersama anak merupakan kegiatan yang dapat mendukung tumbuh kembang dan menstimulasi keterampilan bahasa anak. selain itu, mendongeng juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

  • Mengembangkan daya imajinasi
    Cerita fiksi dalam dongeng mengandung unsur imajinatif yang baik untuk perkembangan kemampuan berimajinasi dan kreativitas anak. Dengan berimajinasi, maka anak dapat berpikir kreatif dan cepat dalam menganalisis sesuatu. Dengan daya imajinasi anak yang bagus, orang tua dapat mengarahkan anak ke arah yang positif dan tetap terkontrol.
  • Memperkaya kosakata
    Cerita yang didengarkan oleh anak, secara tidak langsung kosakata dalam cerita tersebut akan terserap pada memori anak. Hal tersebut menjadi stimulasi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan linguistik anak, baik kosakata maupun gaya bahasa baru.
  • Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional
    Cerita hidup yang dapat diambil dari setiap dongeng dapat membantu anak untuk memahami nilai-nilai sosial dan sopan santun. Orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil (lesson learned) dari cerita dan tokoh-tokoh yang ada, baik protagonis maupun antagonis. Mencontohkan pada anak bagaimana cara bersikap ketika menghadapi sebuah masalah dan berperilaku terhadap orang lain sangat berpengaruh pada pengembangan kemampuan intrapersonal maupun interpersonal anak.
  • Mempererat ikatan anak dan orang tua
    Orang tua dapat memeluk anak ataupun tertawa bersama saat mendongeng. Secara psikologis, hal tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan emosi anak. Proses komunikasi saat mendongeng yang berlangsung secara interaktif antara orang tua dan anak, secara tidak langsung membangun kehangatan dan hubungan yang semakin erat di antara keduanya.
  • Membangkitkan minat baca
    Rangkaian gambar yang menarik serta cara mendongeng yang asyik dan seru dapat merangsang anak untuk tertarik menyimak isi ceritanya. Rasa ingin tahu yang muncul pada anak mempengaruhi keinginan mereka untuk melanjutkan membaca dongeng. Maka, pada saat itulah minat baca anak semakin berkembang.

Dengan diberikannya fasilitas peminjaman buku dongeng untuk anak-anak dari Perpustakaan Swa Pustaka Hargorejo, maka Karang Taruna Anjir mendukung kegiatan mendongeng bersama anak beserta banyaknya manfaat yang diperoleh.

 

Penulis : Annisa Istika

Referensi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image