You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir, Sarana Informasi dan Edukasi Bagi Lansia

Admin Hargorejo 02 November 2022 Dibaca 153 Kali
Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir, Sarana Informasi dan Edukasi Bagi Lansia

Hargorejo (01/11/2022). Pertemuan Lansia Padukuhan Anjir yang rutin diselenggarakan setiap bulannya berlokasi di Pendopo Padukuhan Anjir. Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan diawali dengan senam bersama. Dipandu oleh Bu Haryati, senam berlangsung selama lebih kurang 75 menit dari pukul 08.15 WIB sampai dengan 09.30 WIB.

Acara dilanjutkan dengan sesi pemeriksaan kesehatan, yaitu pengukuran berat badan dan tekanan darah untuk semua peserta pertemuan oleh kader. Diikuti oleh sekitar 45 orang, acara pertemuan dimulai pukul 10.00 WIB. Pertemuan lansia dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Lansia dan dilanjutkan dengan pembacaan notulen oleh sekretaris. Pada pertemuan yang dilaksanakan, sambutan disampaikan oleh Ketua Kader Lansia, Ibu Jumiyati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran warga lansia Padukuhan Anjir pada pertemuan, serta pesan untuk selalu menjaga kesehatan dan memegang semboyan Lansia Tangguh.

Selanjutnya, sesi pemberian informasi disampaikan oleh kader dan ibu dukuh. Beberapa informasi yang disampaikan, di antaranya :

  1. Pemberantasan sarang nyamuk, untuk mengantisipasi risiko penyakit yang dapat ditimbulkan, seperti malaria dan demam berdarah. Hal tersebut berkaitan dengan cuaca yang sedang memiliki curah hujan tinggi.
  2. Menjaga kesehatan lansia dikarenakan cuaca yang tidak menentu (panas-hujan). Bagi lansia yang memiliki tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk periksa lanjutan ke puskesmas.
  3. Anjuran pada lansia untuk berhati-hati dan mengantisipasi efek musim penghujan, seperti jalan licin.
  4. Tetap mengkonsumsi air putih meskipun tidak dalam kondisi haus. Anjuran untuk memenuhi konsumsi air putih harian yang disesuaikan dengan usia lansia, yaitu sekitar 1,5 liter.

Dengan berakhirnya pemberian informasi tersebut, maka pertemuan lansia selesai pada pukul 11.20 WIB. Melalui pertemuan lansia, diharapkan dapat menjadi media dan sarana informasi serta edukasi bagi lansia, khususnya lansia Padukuhan Anjir untuk mendukung motto lansia BAHAGIA.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Ngesti Ekarini

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image