You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menjaga Kesehatan dengan Pola Makan Sehat

Admin Hargorejo 15 November 2022 Dibaca 248 Kali
Menjaga Kesehatan dengan Pola Makan Sehat

Pada 12 November 2022 yang lalu, diperingati sebagai hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun. Dalam memaknai hari kesehatan Nasional, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan serta mulai menerapkan kebiasaan baik dan pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan. Kebiasaan baik dalam pola makan sehat, di antaranya :

1. Membudayakan minum air putih minimal 8 gelas sehari atau lkurang lebih 2 (dua) liter

2. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari

3. Mengupayakan memilih sumber pangan segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus

4. Membatasi konsumsi kecap, saus, penyedap rasa terutama pemanis, pewarna, pengawet, perasa yang bukan tambahan pangan alami

5. Membudayakan membaca label sebelum memilih pangan kemasan atau siap saji

Selain lima kebiasaan baik tersebut, disarankan pula untuk membatasi asupan gula, garam, dan lemak sehingga tidak dikonsumsi secara berlebihan dan mengantisipasi faktor risiko penyakit tidak menular. Batas konsumsi yang disarankan yaitu :

1. Gula sebagai sumber karbohidrat, terdapat dalam sirup, madu, selai, eskrim, kue, nasi, kentang, mie, tepung, dan lain-lain. Batas maksimal konsumsi gula yang disarankan sebanyak 54 gram atau 4 sendok makan per orang per hari.

2. Garam sebagai sumber natrium, terdapat dalam kecap, saus, mie instan, margarin, mentega, keju, ikan asin, dan lain-lain. Batas maksimal konsumsi garam sebanyak 2.000 miligram atau 1 sendok teh per orang per hari.

3. Lemak, terdapat dalam minyak kelapa, susu krim, santan, bahan olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan lain-lain. Batas maksimal konsumsi yang disarankan sebanyak 72 gram atau 5 sendok makan per orang per hari.

Dengan beberapa kebiasaan tersebut, diharapkan dapat mendukung kesehatan setiap orang dan mampu menurunkan risiko seseorang menderita penyakit tidak menular. (Annisa Istika/Yuli S)

Referensi : Kementerian Kesehatan RI

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image