You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Yuk, Cuci Tangan Pada 6 Waktu Ini

Admin Hargorejo 21 Oktober 2022 Dibaca 197 Kali
Yuk, Cuci Tangan Pada 6 Waktu Ini

Mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir merupakan salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Indikator PHBS ini merupakan langkah yang berkaitan dengan kebersihan diri sekaligus pencegahan penularan berbagai jenis penyakit karena kondisi tangan yang bersih dan bebas dari kuman.
Tahukah Anda? Ada 6 waktu penting untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

1. Setelah batuk dan bersin
Penularan penyakit, seperti flu atau pilek dapat menjadi sangat cepat, apalagi jika sang penderita tidak berhati-hati. Maka dari itu, diterapkan etika batuk dan bersin dengan menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam atau dapat menggunakan tisu. Namun, jika sudah terlanjur menutup mulut dengan tangan, menyeka hidung, atau dalam kondisi tidak memiliki tisu, maka mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir adalah solusi.
 
2. Sebelum dan sesudah menyentuh makanan
Cuci tangan wajib dilakukan sebelum dan sesudah menyentuh makanan, meskipun menggunakan peralatan makan. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan tangan steril dari kuman dan bakteri saat makan serta membersihkan tangan dari sisa-sisa makanan setelahnya.

3. Setelah dari toilet
Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir juga perlu dilakukan setelah selesai dari toilet. Hal tersebut dikarenakan toilet terdapat banyak sekali kuman dan bakteri. Sekalipun toilet sudah rutin dibersihkan, akan tetapi aktivitas mencuci tangan dengan sabun sebaiknya tetap dilakukan untuk memastikan kebersihan tangan.

4. Setelah dari luar rumah
Mencuci tangan setelah dari luar rumah, baik setelah berolahraga, kegiatan bersih-bersih, kerja bakti, berkebun, dan lain sebagainya dilakukan untuk membersihkan tangan dari bakteri dan kuman yang mungkin menempel saat beraktivitas di luar. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang berisiko menjangkiti saat kondisi tangan kotor.

5. Setelah dari tempat ramai
Kondisi suatu tempat ramai memiliki kemungkinan besar terdapat kuman, bakteri, bahkan bibit penyakit yang dapat menjangkiti seseorang. Seperti halnya saat masa pandemi Covid 19, tempat ramai adalah lokasi yang rawan menularkan virus dan penyakit. Maka dari itu, mencuci tangan dapat menjadi langkah untuk meminimalisasi risiko terjangkit suatu penyakit dari tempat yang ramai.

6. Setelah menyentuh hewan
Seseorang yang memiliki hewan peliharaan maupun hewan ternak di rumah, diharuskan untuk lebih sering membersihkan tangan, terutama setelah bermain-main dengan hewan peliharaan atau mengurus hewan ternak. Hal tersebut dikarenakan ada begitu banyak kuman, bakteri, dan virus yang terperangkap, baik dalam bulu maupun bagian tubuh binatang bahkan pada kandang binatang.

Itulah 6 waktu yang tepat untuk mencuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Dengan wawasan ini, diharapkan dapat meningkatkan perilaku masyarakat untuk tetap hidup bersih dan sehat.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Unilever Indonesia
Kementerian Kesehatan RI

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image