You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Dasawisma, Penguat Kesejahteraan Keluarga dari Lingkup Terkecil

Admin Hargorejo 10 Oktober 2022 Dibaca 245 Kali
Dasawisma, Penguat Kesejahteraan Keluarga dari Lingkup Terkecil

Dasawisma memiliki arti Sepuluh Rumah. Secara etimologi, dasawisma berarti sekelompok ibu-ibu yang terdiri dari sekitar 10-20 KK atau lebih dalam satu wilayah administratif RT. Pada wilayah pedesaan termasuk di wilayah Kalurahan Hargorejo, anggota dasawisma mayoritas merupakan tetangga atau saudara dengan rumah yang berdekatan.

Dasawisma bertujuan untuk membantu melaksanakan program kegiatan, baik dari Padukuhan maupun Kalurahan dan Kapanewon. Umumnya, dasawisma dilaksanakan secara rutin dengan jangka waktu 2 minggu sekali, baik secara bergiliran maupun menetap di satu lokasi.
Kegiatan yang menjadi agenda umum pada pelaksanaan dasawisma, di antaranya:

1. Arisan dan Simpan Pinjam
Mengusung konsep gotong royong, dasawisma umumnya diisi dengan agenda arisan. Biasanya, arisan digunakan untuk menentukan lokasi dasawisma pada periode selanjutnya dengan nominal tertentu sesuai kesepakatan. Selain arisan, terdapat pula simpan pinjam untuk sarana meringankan anggota ketika membutuhkan pinjaman uang dan bagi anggota yang ingin menabung, dengan ketentuan berdasarkan kesepakatan sehingga tidak memberatkan anggota.

2. Penyampaian Informasi
Pada dasawisma, terdapat sesi penyampaian informasi, baik berupa pengumuman mengenai rencana kegiatan mendatang, informasi kesehatan, maupun permintaan data dan pertanyaan pada anggota. Biasanya, penyampaian informasi berasal dari Padukuhan, Kalurahan, Kader yang disampaikan oleh Ketua Dasawisma atau yang mewakili.

3. Pemeliharaan Lingkungan
Umumnya, sebelum dimulai acara dasawisma diawali dengan kegiatan kerja bakti, baik pembersihan lingkungan, pemeliharaan lingkungan sekitar, hingga penanaman tumbuhan, baik tanaman toga, sayuran, maupun tanaman hias.

4. Pengumpulan Dana Sosial
Pengumpulan dana pada dasawisma ditujukan untuk kegiatan sosial, seperti penyelenggaraan kegiatan buka bersama pada bulan Ramadhan di masjid terdekat atau ketika masyarakat terutama anggota dasawisma sedang mengalami musibah. Tujuannya adalah untuk membantu meringankan keluarga penerima saat berada pada kondisi sulit. Bahkan, Dana Sosial yang dikumpulkan dapat membantu anggota dasawisma yang melaksanakan karantina pada masa pandemi Covid 19 tahun 2021 lalu.

Mengedepankan prinsip kebersamaan, kekeluargaan, dan gotong royong, melalui beberapa kegiatan tersebut diharapkan dasawisma akan terus ada sebagai penguat keluarga menuju sehat dan sejahtera dari lingkup yang terkecil.

 

Penulis : Annisa Istika

Sumber : Kelompok Dasawisma RT 91 Anjir

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image