You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Menggeluti Usaha Jamur Tiram, Kube Sejahtera Gunung Rego Terus Maju

Administrator 31 Januari 2022 Dibaca 278 Kali
Menggeluti Usaha Jamur Tiram, Kube Sejahtera Gunung Rego Terus Maju

Mendirikan usaha sejak tahun 2012, KUBE Sejahtera yang diketuai oleh Bapak Edi Purwanto bergelut dibidang usaha jamur tiram. KUBE Sejahtera berlokasi di Padukuhan Gunung Rego, Rt 19, Rw 05, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap. Meski tidak bisa dibilang mudah, keuntungan dibidang usaha jamur tiram cukup menjanjikan. Apalagi KUBE Sejahtera sudah memiliki tungku uap dan bunker sendiri untuk pembuatan media tanam jamur.

Selain menjual jamur tiram yang siap olah, KUBE Sejahtera juga menyediakan media tanam jamur bagi petani yang membutuhkan. Dari kelima tahapan pembuatan baglog (media tanam jamur), tahap yang paling krusial adalah tahap sterilisasi agar jamur dapat tumbuh dengan baik dan tidak terkontaminasi. Hal ini disebabkan sumber kontaminan dapat menjadi penyebab kegagalan dan kematian miselium jamur. Untuk itu, Pak Edi memodifikasi tungku uap dan bunker sedemikian rupa agar  proses sterilisasi berjalan dengan baik. Bunker buatan beliau berukuran 200x130 cm yang dapat menampung sekitar 200 liter media tanam. Plastik yang digunakan sebagai pembungkus media tanam berukuran sedang, yaitu 18x35 cm. Untuk baglog dijual dengan harga Rp 2.200,00 per kg, sedangkan untuk jamur dijual dengan harga Rp 15.000,00 per kg.

Kendala yang dialami oleh KUBE jamur ini antara lain cuaca ekstrim serta kondisi jalan untuk mendatangkan bahan baku yang belum dikeraskan. Cuaca yang panas membuat jamur tiram sulit untuk tumbuh, karena habitatnya yang berada di daerah lembab. Selain hal tersebut, komposisi media tanam sangat penting bagi pertumbuhan jamur. Komposisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan nutrisi yang dibutuhkan jamur tiram tidak terpenuhi sehingga jamur tidak dapat berkembang sempurna.

Salah satu komposisi yang dapat digunakan dalam budidaya jamur tiram yaitu :

  • Serbuk Gergaji : 100  Kg
  • Dedak : 12 Kg
  • Jagung (digiling halus) : 5 Kg
  • Tepung Kanji :   1 Kg
  • Kapur : 2,5 Kg
  • Air secukupnya

Untuk menjaga kualitas jamur yang dihasilkan, Pak Edi senantiasa menjaga komposisi media tanam yang tepat serta menjaga proses sterilisasi dengan cermat.

Bagi pelanggan yang ingin membeli jamur tiram ataupun baglog dapat menghubungi Contact Person : 0857-4347-6165 (Bapak Edi Purwanto)

Penulis   : Ajru F

Sumber  : Edi Purwanto

Editor      : Yuli S

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image