You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Anjir Laksanakan Musyawarah Padukuhan, Wujud Partisipasi Masyarakat dalam Proses Perencanaan

Administrator 29 Januari 2022 Dibaca 219 Kali
Anjir Laksanakan Musyawarah Padukuhan, Wujud Partisipasi Masyarakat dalam Proses Perencanaan

Bertempat di Pendopo Padukuhan Anjir, Jumat (28/1/2022) dilaksanakan musyarawah padukuhan (musduk) dalam rangka penyusunan RPJMKal Hargorejo 2022-2027. Musduk Anjir dihadiri oleh beberapa pihak, diantaranya Pemerintah Kalurahan Hargorejo berikut pamong kalurahan, ketua TP-PKK, dan tim penyusun RPJMKal serta Ibu Ida Ristanti, S.H. selaku anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo. Selain itu juga diikuti oleh seluruh komponen masyarakat Anjir, yaitu perwakilan RT/RW, tokoh masyarakat, perwakilan warga Anjir, Kader, PKK, Karang Taruna Anjir, dan tak lupa turut serta KKN UMY 075.

Pada pelaksanaan musduk, Lurah Hargorejo, Bapak Bhekti Murdayanto, S.E. memberikan sambutan dan menyampaikan beberapa hal, di mana RPJMKal merupakan penjabaran visi misi Lurah sehingga perlu dilakukan penyesuaian visi misi pada dokumen RPJMKal yang akan disusun. Bapak Bhekti mengharapkan bahwa usulan, gagasan, potensi, dan permasalahan di Padukuhan Anjir dapat masuk ke dalam RPJMKal yang kemudian dijabarkan pada Rencana Kerja Tahunan.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Ida Ristanti, S.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa harapan dari musduk dapat benar-benar tergali aspirasi dari lapis terbawah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, juga rencana pengembangan wisata Hargorejo untuk merealisasikan Desa Wisata Hargorejo. Selain itu juga harapan untuk mendukung rencana kabupaten layak anak, pembangunan kepemudaan, serta pemberdayaan perempuan.

Dalam pelaksanaan musduk dijabarkan beberapa program kegiatan yang telah diusulkan oleh berbagai unsur masyarakat Padukuhan Anjir sebelumnya, sebanyak 25 jenis kegiatan yang memuat bidang pembangunan, infrastruktur, pariwisata, seni budaya, dan perekonomian. Selain itu juga terdapat 8 usulan kegiatan baru yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan RT, kader, dan karang taruna yang merujuk pada bidang infrastruktur, kesehatan, serta peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di bidang kewirausahaan dan seni budaya.

Dengan penyelenggaraan Musyawarah Padukuhan Anjir, semua pihak berharap akan menjadikan proses perencanaan pembangunan di Kalurahan Hargorejo berjalan dengan baik agar dapat mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Annisa Istika

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image