You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Apis Cerana Indica Sang Lebah Madu Idaman

Administrator 25 Januari 2022 Dibaca 2.598 Kali
Apis Cerana Indica Sang Lebah Madu Idaman

Lebah merupakan serangga penghasil madu dari Genus Apis. Selain madu lebah juga menghasilkan serbuk sari (polen), royal jelly, propolis, lilin lebah dan racun lebah. Jenis-jenis lebah madu cukup banyak,namun hanya beberapa diantaranya yang bisa dibudidayakan. Banyak spesies tawon di Indonesia. Diantaranya Apis dorsata ,Apis mellifera, Apis cerana . Apis trigona adalah produk madu yang banyak ditemukan di Indonesia berasal dari lebah madu berikut lebah lokal (Apis cerana).

Penyebaran lebah madu jenis lokal ini terdapat hampir diseluruh daerah di Indonesia khususnya Di Kokap . Produksi madu untuk lebah jenis ini antara 6-12 Kg per tahun untuk setiap koloni.

Namanya Bapak Sudiro, beliau mengawali usaha barunya mencoba budidaya tawon unduhan atau tawon jenis Apis cerana. Untuk bibit awalnya beliau memindahkan lebah dari alam ke sarang barunya. Kandangnya pun simpel dan mudah dibuat. Dengan usaha barunya ini Pak Sudiro yang tinggal di Padukuhan Ngaseman Rt 24 Rw 06 berharap kedepan bisa meningkatkan perekonomian keluarga dengan berbisnis madu.

Hasil panennya ,seperti petani petani lebah di wilayah Hargorejo dan sekitarnya tutur Pak Sudiro adalah lebah unggul (Apis mellifera) . Jenis lebah madu ini menjadi favorit para peternak lebah. Hal tersebut disebabkan karena produksi madu jenis ini tergolong sangat tinggi yang dapat mencapai 35-40 Kg per tahun per koloni. Selain itu, dari aspek budidaya lebah jenis unggul mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai jenis iklim sehingga potensi hijrah lebah lebih minim ,akan tetapi untuk jenis ini di wilayah Kokap masih jarang. Bila dibudidayakan untuk diambil madunya pasti akan menghasilkan nilai ekonomi lebih bagi masyarakat.

Penulis   : Agus S

Editor      : Yuli S

Sumber  : Sudiro

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image