You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Cara mengawetkan  Buah Waluh

Administrator 02 September 2021 Dibaca 1.205 Kali
Cara mengawetkan  Buah Waluh

Hargorejo. Pernahkah anda memasak buah ini? Disayur, dibuat puding ataupun hanya dikukus lalu dimakan begitu saja. Beberapa chef sering menambahkan buah ini pada olahan makanan mereka. Entah pada kue, atau jenis jajanan yang lain. Di sawah ataupun kebun, tentu kita sering menemukannya. Iya, namanya Waluh. Bisa juga disebut labu kuning. Ataupun dalam Bahasa inggris dikenal pumpkin. Konon kabarnya buah waluh  mengandung nilai gizi yang tidak bisa diremehkan.
Waluh, adalah jenis tanaman merambat. Akan hidup di tempat yang beriklim hangat ataupun panas. Makanya, di negara kita buah ini banyak kita temukan. Beberapa waktu yang lalu teman saya menyebarkan benih waluh ini pada tanah habis galian batu putih di musim penghujan. Hingga tumbuh dan banyak berbuah. Hasilnya setelah tanaman ini kering, habis daunnya. Ratusan waluh yang telah tua (siap dimasak) dapat kita petik.  

Ada tips agar buah waluh bisa tahan lama bahkan lebih dari satu tahun. Caranya adalah waluh yang sudah dipetik dicuci bersih dengan campuran 5 liter air yang dicampurkan dengan 1 sdm larutan pemutih lalu bilas dan  keringkan. Lalu simpan, atau diletakkan di tempat yang kering (tidak lembab). Dengan melakukan hal ini maka buah waluh akan tahan dari jamur. Hingga awet dan bisa masak beberapa bulan kemudian. 

 

Penulis : Kemiyati

Sumber : Mbak Tum

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image