You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal Mas Jhon: Juara II Pendamping KUBE Tingkat DIY 2021

Administrator 30 Agustus 2021 Dibaca 481 Kali
Mengenal Mas Jhon: Juara II Pendamping KUBE Tingkat DIY 2021

Hargorejo. Beliau dikenal sebagai Kader Penanggulangan Kemiskinan (KPKD) Kalurahan Hargorejo. Parjono atau yang akrab dipanggil Mas Jhon adalah laki-laki kelahiran Sukoharjo, 29 November 1982. Ayah satu orang anak ini telah menjadi bagian dari Kalurahan Hargorejo sejak 2016. Menikah di tahun yang  sama dengan perempuan yang sangat dicintainya mbak Ranti, yang juga salah seorang pendidik PAUD di Padukuhan Sambeng.  

Dengan Pendidikan S1 Teknik Sipil dan Perencanaan lulusan UNY tahun 2005. Diawal karir Mas Jhon, merupakan Pendamping  Program  Nasional Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sleman sekitar tahun 2009-2014. Setelah itu Mas Jhon menjadi pendamping Kube FM Pedesaan dari Kementerian Sosial. Dan sejak tahun 2014 hingga sekarang menjadi Kader Penanggulangan Kemiskinan (KPKD) Kabupaten Kulon Progo. 

Dengan menjadi Kader Penanggulangan Kemiskinan (KPKD) Kabupaten Kulon Progo. Laki-laki menyuka olah raga bulu tangkis ini juga menjadi salah satu pendamping KUBE (Kelompok Usaha Bersama) di Kalurahan Hargorejo.  KS (Kube Sejahtera)  XIV KP DS 033 di padukuhan Gunung Rego yang melakukan usaha budidaya jamur tiram dan E-Warung. KUBE yang mewakili Kabupaten Kulon Progo hingga menyabet juara II di tingkat DIY 2021.

Dalam sejarah pendampingan yang telah dilakukan hampir 7 tahun, ada beberapa teknik yang digunakan Mas Jhon. Baik untuk Individu, organisasi maupun kelompok. Benar adanya, kecerdasan intelektual, tidak semata digunakan dalam ilmu pendampingan. Kecerdassan sosial emosional juga sangat memegang peranan penting. Dalam teknik pendampingan ke individu Mas Jhon menggunakan Small Talking (obrolan ringan). Hal ini digunakan Mas Jhon untuk mengenal dan melakukan pendekatan lebih dalam satu persatu anggota dan pengurus KUBE selain teknik Konseling. Dalam berorganisasi membangun kepercayaan, dan mengali potensi serta meningkatkan pelayanan menjadi hal utama dalam pendampingan yang dilakukanya. Tidak hanya itu, dalam bermasyarakat Mas Jhon juga mengajak seluruh anggota KUBE untuk melakukan perencanaan yang partisipatif, dan tindakan kebersamaan.

Dengan menekankan pemahaman bahwa “Masa Depan Tidak Terletak Pada Pekerjaan, Tetapi Pada Orang Yang Mengerjakan” Mas Jhon telah membawa nama baik Hargorejo. Khususnya anggota KS (Kube Sejahtera) XIV KP DS 033 di Padukuhan Gunung Rego.

Penulis : Kemiyati

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image