You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Memperingati Kemerdekaan RI ke-76 Warga RT 104 Sindon Gelar Upacara Bendera

Administrator 17 Agustus 2021 Dibaca 455 Kali
Memperingati Kemerdekaan RI ke-76 Warga RT 104 Sindon Gelar Upacara Bendera

Dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-76, puluhan warga RT 104 yang berada di padukuhan Sindon Kalurahan Hargorejo Kapanewon Kokap menggelar upacara bendera. Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini dilaksanakan di rumah Ketua RT, yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara. Sementara sebagai petugas upacara yang lain adalah warga setempat. Pekerjaan keseharian warga sebagai penjual mi ayam, petani, ibu rumah tangga, pemanjat pohon kelapa dan buruh bangunan tak menyurutkan semangat mereka. Hal ini dibuktikan dengan lancarnya mereka dalam melaksanakan tugas.

Semangat penanaman dan pembangkitan nasionalisme juga ditunjukan dari peserta upacara. Sementara warga secara umum mengenakan pakaian batik. Warga RT yang berusia sekolah, PAUD, SD, SMP, SMA mengenakan seragam identitas mereka masing-masing. Padukuhan Sindon merupakan zona hijau COVID- 19 namun masyarakat tetap mematuhi protocol kesehatan dalam pelaksanaan upacara ini.

Upacara ini juga hadiri oleh Dukuh Sindon Ahmad Safrudin. Dalam sambutanya Dukuh Sindon menyampaikan terima kasih dan kebanggaan terhadap warga RT 104 yang telah melaksanakan kegiatan upacara bendera ini. Senada dengan hal itu Ketua RT 104 Diyono menyampaikan kebanggaan dan keharuannya pada kerjasama warga. “Saya bangga dan terharu pada seluruh warga yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan ini. Bersyukur diberikan kesehatan dan bisa menikmati kemerdekaan. Bisa mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah berjuang. Disaat semuanya sepi, tidak ada kegiatan dan perayaan apapun namun warga RT 104 bisa mengadakan upacara bendera.”ucapnya dengan berkaca-kaca.

Banyak keharuan nampak pada kegiatan  ini, kerinduan anak sekolah pada pelaksanaan upacara bendera, kebangkitan nasionalisme dan rasa syukur pada orang dewasa. Serta penanaman kecintaan pada bangsa pada anak usia dini. Dirgahayu Negeriku.

Oleh : Kemiyati Wirono 

(SN'e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image