PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Artikel

Pendataan SDGs: Aku Bersyukur 2

01 Juni 2021 14:50:08  Administrator  192 Kali Dibaca  Berita Desa

Ini adalah ceritaku saat pendataan SDGs. Banyak hal yang bisa aku temukan menjadi pengalaman sekaligus pembelajaran. Dengan  aku datang  dan mengunjungi satu persatu rumah warga, aku bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan tetanggaku. Bukan lagi jarene karena aku melihat dan mendengar langsung tentang mereka. Kondisi ekonomi mereka. Kondisi rumah mereka. Dan keseharian mereka. Bukan hanya yang aku bisa lihat dari luar. Ataupun gosipan tetangga saat arisan atau berkumpul saat tukang sayur datang.

Meskipun kadang mereka juga tidak jujur waktu aku tanya, dan bahkan dia mengaku tidak punya apa-apa. Malah  ada yang  terang-terangan meminta dikasih atau diajukan bantuan. Padahal dia sudah bisa dikatakan orang yang berkecukupan.  Dia tidak pernah merasa cukup . 

Saat melakukan pendataan dan mengunjungi sebuah rumah. Ada dari salah satu warga yang yang tidak mengenal apa itu sholat apa itu ibadah (saya sedih sekali). Ternyata masih banyak yang warga kita yang seperti itu. Dan bahkan ketika kita tanya "Berapa kali dalam sehari semalam mereka melakukan kewajiban sholat?" Dia masih mikir meskipun akhirnya dia juga bisa menjawab dengan waktu yang cukup lama, “Saya belum menjalankan lima waktu”.

Yang lebih tragis lagi, saat saya harus mengisi kolom data keluarga, apakah lingkungan itu kumuh atau tidak?. Keluarga yang dari luar tampak berpenampilan menarik, dia juga dandan kalau bepergian cantik rapi,  tapi ketika kita datang ke rumahnya luar biasa tempat tinggalnya berdampingan dengan hewan peliharaan. Sampah dimana-mana.  

Tidak hanya cerita menyedihkan dalam pendataan SDGs ini, kami juga sekaligus bersilaturahim karena waktu itu juga masih masa Idul Fitri. Di salah satu rumah warga  aku dan temanku ditawari  makan besengek. Setelah muter-muter satu RT. Lapar haus, mendengar tawaran itu maka makanlah kami. Padahal makanan tradisional itu untuk menjamu keluarga jauhnya, dan ketika kami sedang asyik makan. Rombongan  keluarga jauh salah satu warga itupun datang. Maka seketika kaburlah kami karena malu. 

Dan dari pengalaman pendataan SDGs inilah. AKu bersyukur. Aku belajar dari mereka. Sangat bersyukur dengan apa yang Tuhan kasih untuk ku.
Itu ceritaku.

Penulis: NN 1

Editor: save

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Komentar Terbaru

Wilayah Kalurahan

Peta Desa

DATA BANTUAN DITERIMA WARGA HARGOREJO TAHUN 2020-2022

Aparatur Kalurahan

Data Kelompok Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2022

DATA UMKM HARGOREJO TAHUN 2022

DTKS Hargorejo Tahun 2022

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : KRIYAN, HARGOREJO, KOKAP, KULON PROGO
Kalurahan : HARGOREJO
Kapanewon : KOKAP
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55653
Telepon : 02747721380
Email : pemdes13hargorejo@gmail.com

Statistik SID

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:120
    Kemarin:3.096
    Total Pengunjung:757.769
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:35.175.107.185
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel