You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Rencana Restorasi Arsip Terowongan Sunoto Eks Tambang Mangaan Kliripan

Administrator 06 Mei 2021 Dibaca 337 Kali
Rencana Restorasi Arsip Terowongan Sunoto Eks Tambang Mangaan Kliripan

Hargorejo. Hari Selasa lalu (04/05/2021) Pemerintah Kalurahan Hargorejo  melalui  Pamong Panata Laksana Sarta Pangripta, Suripno Budi Waluyo, mendapat kesempatan mengunjungi  depo arsip BPAD DIY.   Kegiatan ini dilakukan dalam rangka rencana restorasi arsip terowongan Sunoto Eks Tambang Mangaan Kliripan. Dalam kesempatan  ini, Suripno ditemani  pemangku wilayah Kliripan, Setya Haryanta dan  Pengelola wisata edukasi  geoheritage tambang mangaan Kliripan. Selain itu, turut mendampingi Kabag Kearsipan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kulon Progo dan Kepala Depo Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kulon Progo .

Restorasi adalah pengembalian atau pemulihan kepada keadaan semula. Suripno Budi Waluyo mengataka, “Kondisi arsip sekarang  rusak/sangat rawan rusak . Terlihat  suwek, berlubang, panting klinting”. 
Dengan dilakukan restorasi Arsip Terowongan Sunoto ini akan dikuatkan, dilapisi, diratakan kertasnya sehingga akan lebih terjaga dan terlihat seperti semula. Dengan restorasi arsip ini, pemilik arsip bisa menyesuaikan kembali  pada foto digital arsip yang ada.

Restorasi Arsip ini dilakukan mengingat Terowongan Sunoto merupakan bagian penting dari Geohoritage Kliripan. Dengan adanya kunjungan Pemerintah Kalurahan dan pengelola Wisata Geoheritage Tambang Mangaan Kliripan ini, kegiatan restorasi dapat dilanjutkan.


Penulis: Kemiyati Wirono
Sumber : Suripno BW

Editor: save

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image