You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengapa Ngulakan?  (1)

Administrator 05 April 2021 Dibaca 484 Kali
Mengapa Ngulakan?  (1)

Hargorejo. Hari itu, ibu Trisnawati (ibu mantan Lurah Hargorejo ) yang berkediaman di Padukuhan Ngulakan cerita kepada saya tentang Julia Perez yang merupakan salah satu anggota dari Perguruan Pencak Silat Merpati Putih. Bahkan beliau pernah mengirimkan kepada saya sebuah foto dimana Julia Perez memakai seragam putih-putih dengan list merah. Belum begitu tertarik. Pernah juga saya melihat hampir ratusan orang tua tua dan muda. Bahkan bisa ditakan kalangan semua umur dengan seragam putih berlis merah bertelanjang kaki berjalan rapi di sekitar selokan Kali Bawang wilayah Padukuhan Ngulakan menuju sebuah makam. Makam Bulu dan Dukuh. 

Hingga akhirnya rasa ingin tahu saya muncul dan saya penasaran, Siapa mereka? Malam itu Kamis (2/4/2021) Ibu Trisnawati menelfon saya. “saya mau cerita” ucapnya. “tadi dirumah ada acara dari PPS Merpati Putih”. Dari obrolan malam itu, ketika saya ingin bertanya lebih banyak. Beliau mengatakan “nanti biar Bapak saja yang cerita”. Dan dengan penuh rasa canggung saya disambungkan dengan suami beliau. Bapak Bhekti Murdayanto. Yang juga merupakan mantan Lurah Hargorejo. 

Setiap tahun dari PPS Merpati Putih ada kegiatan ziarah di makam Bulu dan Dukuh di Padukuhan Ngulakan. Acara itu diikuti hampir sekitar 1000 orang. Rasa ingin tahuku sedikit terbayar, apa yang kulihat dan ingin ku ketahui selama ini sedikit demi sedikit mulai ada titik terang.  Mereka adalah pengikut dari PPS MP (Perguruan Pencak Silat Merpati Putih). Merpati putih adalah perguruan pencak silat tangan kosong, atau biasa disebut Betako. PPS ini meruapakan salah satu  anggota Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP) serta Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa atau PERSILAT (International Pencak Silat Federation).

Meskipun Merpati Putih sudah lama ada. Namun Perguruan Pencak Silat inibaru menyatakan berdiri 2 April 1963 di Yogyakarta.  Denagn memiliki 85 cabang di dalam Negeri dan 4 Cabang di Luar Negeri. Data 28 tahun yang lalu saja tahun 1993 saja, menilik dari Wikipedia  mengatakan sudah ada 415 Kelompok latihan. Dan Ngulakan banyak penyimpan Sejarah tentang Merpati Putih ini. 


Penulis : Kemiyati Wirono

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image