You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Melatih Anak Berpuasa

Administrator 14 April 2021 Dibaca 345 Kali
Melatih Anak Berpuasa

Hargorejo. Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Islam. Hal ini tentu saja membuat keluarga yang  memiliki balita atau anak-anak yang belum wajib menjalankan ibadah tersebut harus giat melatih. Terkadang anak-anak malah lebih bersemangat menjalankan ibadah puasanya meskipun belum puasa satu hari penuh. Namun hal ini tetap saja harus dilakukan. Karena mengajarkan dan mendidik anak dalam hal agama harus dimulai sejak kecil.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak berpuasa. Antara lain :

(1) Ajak anak untuk ikut makan sahur

(2) Jika anak berkeinginan untuk membatalkan puasa sebelum waktunya, maka gunakan cara menawar. Misalnya, “ini sudah jam 3 sore. Kita buka 2 jam lagi yaaa”.

(3) Alihkan perhatian. Keluarga bisa mengajak anak untuk nonton film kesukaan, tidur siang, atau melakukan hobbi yang lain.

(4) Jangan memaksa.  Ibadah adalah hal yang harus dilakukan dengan sadar dan dari hati. Jangan paksa anak untuk melakukan sesuatu yang dia belum sanggup untuk melakukanya. Puasa sehari misalnya. Atau sampai batas waktu tertentu. 

(5) Motivasi dan hargai perjuangan anak.

Semoga manfaat


Penulis : Kemiyati Wirono

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image