Hargorejo. Abad milenial merupakan abad di mana teknologi berkembang dengan sangat pesat. Seiring perkembangan tersebut, dunia gadget lebih mendominasi anak-anak daripada permainan tradisional. Hal ini membuat pendidikan karakter kemataraman yang yang diajarkan turun temurun melalui permainan tradisional semakin terkikis. Berangkat dari hal tersebut, salah satu guru SDN Selo, Dini Annisa Nurbaety Elsola berinisiatif membuat media pembelajaran yang mampu meningkatkan pendidikan karakter siswa.
PoliMan adalah nama media pembelajaran yang dirintis olehnya. Kata PoliMan merupakan singkatan dari monopoli kemataraman. Poliman merupakan media boardgame yang telah dikembangkan dari aspek tampilan, pengembangan media, dan materi. Sedangkan ruang lingkup materi disesuaikan dengan Silabus PPK dalam Perbup Kulon Progo no. 65 tahun 2017. Ia berharap, dengan media pembelajaran ini para guru dan peserta didik dapat mengembalikan ruh budaya kemataraman yang begitu kaya dan penuh makna.
Sumber : Dini Anisa Nurbaety E.
Penulis : Afa
Editor : Indi