You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal  Pacak Sepuran

Administrator 24 November 2021 Dibaca 353 Kali

Hargorejo. Bagi warga masyarakat Hargorejo, yang melintasi jalan Ki Josuto atau jalan di sebelah selatan rel kereta api, di beberapa wilayah warga akan menemukan hiasan ataupun pemandangan menarik. Ada pembuatan Gapura, Taman bunga, orang-orangan sawah, dan masih banyak hal lagi. Semua yang menarik ini mengangkat tema budaya dan Ikon Kulon Progo. Kegiatan menghias sepanjang jalan perlintasan kereta api ini bukan karena dalam rangka peringatan Agustusan. Bulan ini adalah bulan November. 

Awal bulan November tepatnya tanggal 4/11/2021 Dinas Pariwisata telah mensosialisasikan kegiatan Festival Pacak Sepuran di Pendopo Resto Omah Beji Wates. Beberapa dinas terkait menghadiri acara ini. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kulon Progo, Perwakilan Seniman dari Forum Seni Rupa Kulon Progo serta perwakilan dari Kapanewon dan Kalurahan.

Jalan di kanan kiri rel kereta api yang belum tertata dengan baik, menjadi latar belakang kegiatan ini. Untuk itulah, maka Lomba Pacak Sepuran ini diadakan. Semua untuk mendorong kalurahan yang terlintasi rel kereta api bisa menata lingkungan sekitar rel sehingga tampak indah.  Memberikan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat bahwa Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport) ada di Kulon Progo. Dan Kereta Api, salah satu transportasi akases menuju bandara.  Semua kegiatan itu dikemas dengan bentuk festival ataupun lomba yang akan diadakan tanggal 25 November 2021.

15 Kaluran akan mengikuti lomba pacak sepuran ini, rencananya akan dipilih 6 pemenang dalam kegiatan ini. Tim juri datang langsung ke lokasi dan tim juri melihat dari dalam kereta api yang melintas menjadi 2 cara penilaian dalam lomba ini.


Sumber : web Bapedda

Penulis : Kemiyati Wirono

Editor : Indi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image