You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal Desa Prima (2)

Administrator 06 Oktober 2021 Dibaca 312 Kali

Di tahun 2009, Desa Prima Tri Manunggal mendapatkan bantuan sejumlah  Rp. 37.500.000,- melalui rekening BRI. Hal ini disambut baik oleh Kepala Desa Hargorejo Bhekti Murdayanto yang waktu itu menjabat. Pembentukan Desa Prima kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Desa Prima. LKM dibentuk dengan tujuan untuk mengelola keuangan Desa Prima sebagai Unit Usaha pinjaman modal kepada anggota. LKM Desa Prima terdiri dari 3 orang pengurus. Manajer Pemasaran sekaligus Ketua, Kasir dan bagian pembukuan. Dengan AD ART yang kemudian dibuat dan disahkan LKM Desa Prima mulai memberikan layanan kepada anggota Desa Prima pada tahun 2010. Dan di tahun yang sama untuk mendukung serta  menguatkan Desa Prima dan LKM Desa Prima, Pemerintah Desa memberikan penyertaan modal sebesar Rp. 10.000.000,-.

Melalui AD ART maka pengelolaan LKM Desa Prima lebih terarah. Beberapa hal yang dikembangkan oleh LKM ini adalah adanya dana yang dialokasikan untuk peningkatan sumber daya manusia anggota Desa Prima. Dana Sosial untuk Program Pendidikan dan Kesehatan, serta  dana untuk pengembangan kelompok Desa Prima itu sendiri. Peningkatan kapasitas anggota dari dana bagi hasil LKM Desa Prima telah dilakukan dalam bentuk melakukan study banding ke Desa Prima Kemadang Gunung Kidul.

Penulis: Kemiyati Wirono

(SN'e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image