You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal  Desa Prima (1)

Administrator 06 Oktober 2021 Dibaca 864 Kali
Mengenal  Desa Prima (1)

Dalam keluarga, perempuan adalah salah satu role yang menggerakkan roda rumah tangga. Bahkan pernah ada pepatah jika dalam satu keluarga itu sakit, maka seluruh keluarga akan lumpuh. Hal ini berbeda dengan jika laki-laki yang sakit. Peran ganda perempuan sebagai ibu rumah tangga  dan pekerja menjadikan perempuan kuat dalam sisi kemandirian, ekonomi dan mental.

Secara harfiah Desa Prima  terdiri dari 2 kata. Desa yang berarti wilayah kalurahan. Prima merupakan kepanjangan dari Perempuan Indonesia maju dan mandiri. Desa Prima adalah sebuah program yang bertujuan meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu wilayah  (tingkat Desa/ Kalurahan) melalui peningkatan produktivitas ekonomi. Tujuannya adalah agar tercipta kehidupan yang lebih baik. 

Di Kalurahan Hargorejo, Desa Prima terbentuk pada tahun 2009. Meskipun Progam ini sebenarnya telah digulirkan sejak tahun 2008 oleh Pemerintah Propinsi. Saat itu Desa Hargorejo merupakan salah satu dari 100 desa di DIY yang didapuk menjadi Desa Prima. Melalui  BPPM  (Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat) Desa Hargorejo waktu itu termasuk desa tertinggal, dengan  angka kemiskinan  yang masih tinggi. Dengan begitu, kriteria untuk membentuk Desa Prima di Hargorejo terpenuhi. Dengan membuat 1 kelompok Usaha Bersama yang di SK kan oleh kepala Desa. Dengan diberi nama Desa Prima Tri Manunggal. 24 Perempuan yang terdiri dari 3 Padukuhan Ngulakan, Tejogan dan Anjir bergabung. Kelompok Usaha Bersama Desa Prima Tri Manunggal dengan 6 kelompok kecil (sub unit usaha ) dengan 4 orang di masing-masing kelompoknya.  Dengan tujuan memperbaiki kualitas pendidikan dan kesehatan, Desa Prima Tri Manunggal mengajak pada perempuan-perempuan yang merupakan anggota Desa Prima untuk merintis usaha.

Penulis: Kemiyati Wirono

(SN'e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image